Austria

Austria adalah sebuah negara yang dengan mudah menyatukan beberapa ciri keutamaan daratan yang terlihat (landscapes) untuk membuat satu daya tarik besar. Dengan pegunungan Alpine sebagai permatanya di barat dan Danube basin di timur, Austria juga menawarkan kesempatan bagi banyak kegiatan turis-turis. Bahkan kenyataannya, Austria di pandang sebagai salah satu tujuan terbaik di dunia untuk berseluncur salju.

Terletak di Eropa tengah, Austria adalah negara yang seluruhnya di keliling oleh daratan yang ia berbatasan dengan Jerman dan Republik Czech di utara, Slovenia dan Italy di selatan, Swiss dan Liechtenstein di barat serta Slovakia dan Hongaria di timur. Menyerap kejayaan akan warisan kaya daripada Hapsburg yang masih dapat di alami pada banyak arsitektur bangunan-bangunan, Austria membuktikan sebagai tempat yang menakjubkan untuk mempelajari tentang sejarah eropa secara utuh keseluruhan. Austria terutamanya masyhur untuk beberapa kotanya sebagai kota-kota yang paling mempesonakan dan terbersih di dunia. Vienna adalah ibukota Austria dan juga kota yang tercepat pembangunannya daripada semuanya. Ditandai dengan banyak istana yang mencolok, terutama Istana Hofburg (Hofburg Palace), dan gereja-gereja, Vienna selalu menarik jutaan pengunjung sepanjang

tahun. Salzburg adalah kota lainnya yang berada di kedua sisinya monumen-monumen indah. Kota itupun dikenal akan perayaan tahunannya (festival) di Salzburg (Salzburg Festival) yang masyhur. Waktu terbaik untuk mengunjungi Austria adalah selama bulan Juli hingga Oktober saat suhu bergerak ke sisi yang nyaman. Akan tetapi untuk orang-orang yang terterik dalam hal berseluncur dan olahraga musim dingin lainnya, Desember hingga Februari adalah waktu yang tepat.

Hofburg Palace
Istana Hofburg berada di pusat kota Vienna merupakan salah satu tujuan wisata yang menarik, didirikan pada abad ke 13 oleh raja Ottakar Premyst, dihuni oleh keturunannya sampai beberapa generasi, untuk itu pengetahuan tentang sejarah Eropa akan sangat menguntungkan. Pusat pemerintahan terpisah dan istana-istana tersebut dipelihara sebagai pusat kebudayaan, musium, tempat-tempat yang rawat sebagai Word Herritage. Ukiran dan lukisan yang menghiasi langit-langit sangatlah indah. Di kota Vienna ini selain dari istana Hoffburg juga masih ada istana Belvedere yang tak kalah indahnya terletak agak dipinggir kota, dan beberapa istana lainnya. Ada lebih dari 20 buah musium dengan koleksi yang mengagumkan, bahkan ada beberapa benda yang berasal dari Indoneria dalam salah satu musiun terbesar. Sungguh mengagumkan.
Sekolah berkuda para bangsawan The Spanish Riding School, gereja yg didirikan tahun 1400 M di Stephan Platz, sebuah lagi di Carl platz, dan banyak sekali gereja- gereja yang tersebar diseluruh negeri menunjukkan kuatnya pengaruh agama pada saat itu. Masing-masing mempunyai keunikannya masing-masing.
Salzburg Festival
Festival ini merupakan salah satu pusat seni musik dan drama prestisius Eropa, dimana setiap tahun bersamaan dengan perayaan Paskah selama 5 minggu berturut-turut secara nonstop diselenggarakan berbagai suguhan baik klasik maupun kontemporer dalam bentuk opera, resital, konser orkestra, simponi maupun drama. Mengapa Salzburg? Karena di sinilah tempat kelahiran musisi terkenal Wolfgang Amadeus Mozart. Tempatnya adalah di alunalun kota dengan latar belakang Katedral Salzburg yang indah itu.
Vienna
Vienna merupakan kota internasional seperti New York, Amsterdam atau Zurich, dimana dijadikan lokasi penempatan badan-badan dunia seperti OPEC, IAEA, dll bagian dari badan dunia PBB, karena kotanya yang relatif aman dan penduduknya yang tenang , ramah dan pemandangannya yang indah dan terpelihara baik. Pusat seni dari masa kerajaan-kerajaan Eropa yang berkuasa dengan lukisan-lukisan istana serta musik yang megah dan mewah saat itu sampai lukisan yang kecil mungil dan musik kamar yang sederhana pada jaman pendudukan Perancis dan kemudian Jerman setelah Perang Dunia I dan II membuat Vienna kaya warna.
Wisata kulinernyapun tak kalah menariknya. Resep-resep dari masa kerajaan masih dipertahankan. Sebuah restoran kecil di belakang Gedung Opera masih menyediakan menu yang sama.

Jangan lupa mencoba naik trem di pusat kota yang mengelilingi semua tempat wisata di sekitarnya, dimana kita dapat mencapai berbagai tempat tujuan wisata tersebut dengan berjalan kaki saja.

Yang sangat menarik juga adalah banyaknya tempat bermain untuk anak-anak ditiap sudut kota dengan berbagai jenis alat bermain yang dibuat sedemikian rupa menarik, aman/kuat dan merangsang kreatifitas anak, datanglah ke Donau Park.
Tentu saja tempat-tempat hiburan umum juga banyak di temui sepanjang sungai Donau.
Giant Wheel in Vienna

Dibangun lebih dari 100 tahun yang lampau, Roda Raksasa di Vienna telah menjadi lebih dari sekedar kegiatan menyenangkan untuk menaikinya; Ia sekarang ini menjadi lambang figur bagi seluruh kota. Danggil dengan sebutan ’Riesenrad’ oleh orang-orang Vienna, Giant Wheel adalah satu dari banyak daya tarik yang paling sering dipuji. Rodanya telah dihancurkan beberapa kali selama peperangan-peperangan terutama sekali selama Perang Dunia II. Akan tetapi ia telah menjadi struktur bangunan pertama setelah perang untuk dikonstruksi ulang kembali. Anda akan merasa heran sekiranya mengetahui bahwasanya lebih dari 750.000 pengunjung datang setiap tahun hanya untuk melihat dia yang sudah hampir seperti monumen. Dari titik tertinggi atas, pemandangan kota Vienna sangatlah mengagumkan.

Graz

Graz, kota terbesar kedua di Austria, ialah ibukota dari propinsi (state) federal dari Styria. Dengan enam universitas dan hampir 50.000 murid, Graz sering mendapat julukan ’Kota Universitas’. Daya tarik utama kota ini adalah suatu daerah yang dinamakan ’Kota tua (Old Town)’. Distrik kecil dan mempesona daripada Graz terlihat tenang tak terganggu dan terpicu oleh segala moderenisasi yang sedang terjadi di sekelilingnya. Ia dengan tenang meneruskan kebahagiaan dunia lampaunya yang digetarbalikkan oleh gedung-gedung bangunan milik daerah lainnya. Daerah ’Kota Tua’ telah dikenal sebagai satu situs warisan dunia (World Heritage Site) oleh UNESCO pada tahun 1999. Daya tarik lainnya ialah ’Murinsel’, pulau baja yang berada di sungai mur, dan juga  Kunsthaus, rumah kesenian moderen.

The Hohe Tauern National park

Senantiasa mengundang kekaguman dan ketakjuban bilamana menyaksikan alam bebas tak terkekang dan ini tepat dengan apa yang akan anda dapatkan di sini di Taman Nasional Hohe Tauern. Berada di kaki-kaki gunung-gunung tertinggi di Austria di Salzburg, Taman Hohe Tauren adalah sebuah kepuasan penglihatan bagi para pengunjung. Mencakup suatu luas hampir 1000 km persegi, taman ini pembanggaan akan kumpulan-kumpulan beraneka ragam serta unik daripada flora dan faunan. Flora dan faunanya berbeda secara mendasar pada ketinggian yang lebih tinggi dengan yang pada ketinggian yang lebih rendah. Kambing-kambing gunung dan domba-domba ditemukan pada tingkat yang lebih tinggi di mana binatang-binatang seperti sejenis kambing gunung dengan tanduk panjang (ibex), rusa dan hewan berupa perpaduan kambing dan rusa (chamois) ditemukan pada tingkat yang lebih rendah. Selain dari melakukan petualangan alam ke hutan, anda dapat juga mengikuti kegiatan-kegiatan seperti menyusuri jalan-jalan panjang yang sulit, berseluncur dan berpapanluncur di atas salju.