Negeri Belanda

Belanda merupakan salah satu negeri dengan permukaan yang paling datar di dunia dan sebagian besar di antaranya terletak di bawah permukaan laut. Sejumlah daerah di tepian laut mengalami pengurangan luas daratan karena menghilang ke laut. Negeri ini dikenal sebagai salah satu negara paling terbuka bagi pendatang sebagai komitmennya pada hak asasi manusia.

Sebenarnya istilah Holland lebih dikenal dari pada Nederland, tetapi karena Holland Utara dan Selatan hanya merupakan 2 dari 12 provinsi yang ada di Nederland. Negeri yang berada di Eropa bagian barat daya ini meliputi luas 41 ribu lebih km persegi termasuk dalam jajaran negeri-negeri terkecil dengan kepadatan penduduk yang paling tinggi.

Negeri Belanda merupakan salah satu tujuan wisata yang paling indah. Penduduknya dikenal mempunyai toleransi yang tinggi terhadap tamu serta budaya yang diwariskan oleh para pendahulu mereka tanpa mengalami perubahan yang bermakna selama berabad-abad.  Hal ini, antara lain, yang merupakan daya tarik wisatawan dari seluruh dunia. Sebagain besar negeri ini berbatasan dengan Laut Utara, garis sepanjang pinggir laut dipenuhi oleh pantai yang tertata dan terpelihara dengan rapi yang merupakan daya tarik ekstra bagi wisatawan. Di pantai-pantai tersebut wisatawan dapat memanjakan diri dengan berbagai kegiatan seperti berselancar, berlayar serta menyelam Scuba, di samping tamasya bersepeda atau nahkan berjalan kaki.

Sebagai negeri yabg datar, tidak diperlukan tenaga ekstra untuk berjalan kaki ataupun bersepeda sehingga jarak yang ditempuh dapat lebih jauh. Di bidang seni Nederland juga memiliki peran penting. Banyak artis terjenal terlahir dan dibesarkan disini, sebut saja van Gogh dengan museumnya di Amsetrdam merupakan tempat yang paling sohor di dunia dalam hal seni lukis.   Diantara 12 provinsi disini wisatawan dapat merasakan adanya perbedaan budaya yang cukup menonjol. Provinsi Holland Utara dimana Amsterdam, kota terbesar,  berada merupakan yang terpenting. Kota-kota penting lainnya adalah Delft kota bersejarah, Den Haag dikenal sebagai kota politik dan kritisi, Rotterdam dan Utrecht.  

Rijksmuseum: Amsterdam

Museum ini merupakan museum terbesar yang memamerkan benda seni serta sejarah Belanda. Disini terdapat koleksi benda seni dari Asia dan koleksi terbesar lukisan pada periode yang disebut jaman keemasan Belanda, Dutch Golden Age. Terdapat kurang lebih 150 ruangan yang memamerkan berbagai koleksi barang-barang kuno. Rasanya tidak mungkin untuk menyaksikan semuanya hanay dalam waktu satu hari. Wisatawan yang mempunyai waktu terbatas diarahkan langsung ke kamar nomor 224 dimana terdapat lukisan paling besar, paling tersohor di seluruh dunia karya Rembrandt “The Night Watch”.  

Museum Van Gogh: Amsterdam
Dinamai dengan nama pelukis Belanda paling legendaris van Gogh, museum ini memamerkan hampir 200 lukisan, 500 gambar serta 700 surat yang ditulis oleh van Gogh. Bangunan museum ini sendiri tampak indah dan menawan saat pertama kali dilihat. Struktur berbentuk ganjil didisain oleh aritek Jepang Kisho Kurokawa pada tahun 1999. Bangunan ini merupakan annex yang baru, terdiri atas kerangka Titanium serta tertutup batu kelabu yang tampak sangat menawan terutama di saat senja tiba. Pertama kali masuk ke dalam museum ini ribuan lampu menerangi seluruh ruang yang menimbulkan decak kagum. Warna-warni lukisan tertimpa cahaya lampu akan meninggalkan memori indah nan abadi. Hasil karya van Gogh paling terkenal adalah The Potato Eaters, Sunflowers dan Wheatfield with crows.
Madurodam
Madurodam yang didirikan pada tahun 1952 merupakan model kota di Belanda dalam skala 1:25. Berasal dari nama seorang mahasiswa hukum, George Maduro, yang gigh melawan pendudukan pasukan Nazi. Madurodam telah dikunjungi oleh jutaan pengunjung sejak berdirinya dan sampai saat ini juga mempunyai daya tarik bagi wisatawan. Pada saat putri mahkota Beatrix remaja ia dijadikan walikota ‘kota Madurodam’. Ia meletakkan jabatan tersebut pada saat ia dinobatkan sebagai Ratu Belanda. Saat ini walikota Madurodam dipilih secara demokratis oleh 25 perwakilan pemuda.
Kinderdijk
Kinderdijk, sebuah desa kecil terletak di Holland bagian selatan, merupakan kota yang dinilai oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Tempat ini banyak dikunjungi wisatawan karena memiliki 19 kincir angin yang dibangun pada tahun 1740. Kincir angin dibuat untuk mengatasi kelebihan air di sekitar polder yang letaknya lebih rendah daipada pemukaan air laut.
Hoge Veluwe National Park
Merupakan taman nasional terluas di Belanda dengan cakupan seluas 5500 Ha. Sebagian berupa hutan dan sebagian berupa padang yang gersang tertutup oleh bukit pasir dan pasir apung. Beberapa bagian tidak dapat dicapai dengan kendaraan sehingga wisatawan dapat menggunakan sepeda yang khusus disediakan untuk mereka untuk mengeksplorasi kehidupan liar yang unik. Khewan yang bisa dijumpai dsini antara lain celeng (boar), rusa merah, dan biri-biri liar.
Anne Frank House
Anne Frank adalah seorang gadis Yahudi yang menghabiskan waktunya bersembunyi terhadap tentara Nazi selama perang dunia ke dua di loteng rumah ini sembari menulis catatan harian. Tempat persembunyiannya bersama dengan keluarga serta kerabat temannya saat ini telah diubah menjadi museum pada tahun 1960. Wisatawan dapat menyaksikan rak buku yang dapat digeser guna menyaru pintu masuk ke dalam ruangan dimana ia bersembunyi, gambar-gambar serta foto hitam pitih yang ditempel pada dinding persembunyiannya. Museum terbuka untuk umum antara jam 9 pagi hingga 9 malam, hari Senin sampai Sabtu, sedangkan pada bulan September sampai pertengahan Maret setiap hari sampai dengan jam 7 petang.
Plaza Rotterdam
Di jantung kota Rotterdam, di samping Doelen dan Stadstheater anda akan menemukan Plaza Rotterdam. Banyaknya toko dan tongkrongan teras akan menjamin keasikan belanja anda.