Perancis

Sebelum kejatuhan Euro, Perancis merupakan salah satu negara dengan perekonomian terkuat di dunia. Negeri ini berkembang menjadi salah satu tujuan wisata dunia terkemuka di Eropa. Negeri yang indah ini berbatasan dengan rangkaian pegunungan yang indah di satu sisinya , atau dengan samudera yang biru menawan. Perancis juga merupakan tujuan wisata kuliner yang tak dapat tidak menjadi patokan dari kuliner dunia. Ingat namanama jenis makanan yang sampai sekarang masih menjadi acuan dunia.

Meliputi luas area 543.965 m2 , Perancis merupakan negara terluas di Eropa Barat , atau ketiga di seluruh daratan Eropa. Berbentuk segi enam, negeri ini dibagi menjadi 22 bagian. Hanya sebagian kecil timur lautnya berbatasan dengan negara Jerman, Luksemburg dan Belgia. Takdapat disangkal lagi, Perancis adalah negara yang paling terkenal sebagai tujuan wisata di Eropa, diikuti oleh Spanyol. Diantara kotakota di seluruh wilayahnya, Paris menempati tempat teratas sebagai tempat yang terbanyak dikunjungi. Tak dapat dipungkiri, tempattempat seperti Menara Eiffel, Museum Louvre, Istana Versailles merupakan daya tarik yang luar biasa. Belum lagi keindahan alam yang luar biasa yang dipunyai negeri ini, pantaipantai indah di satu sisi, pegunungan yang selalu ditutupi salju disatu bagian serta lembahlembah menghijau menutupi sisi yang lain Pegunungan Alpen Perancis yang merupakan daya tarik wisata yang tak dapat diabaikan begitu saja.

Kuliner Perancis yang terkenal seperti Coq au vin, Coquilles Sint-Jacques dan Noisettes d’Agneau, membuat orang makin jatuh cinta saja pada negeri ini. Bermacammacam masakan, berbagai jenis keju, berbagai rasa anggur tak mungkin dicoba pada satu kali kunjungan saja. Rasa berbagai masakan dengan nama yang sama bisa berbeda rasa sama sekali, misalnya masakan yang ditemui di desa, beda dengan masakan yang sama di restoran megah di kota besar, dengan daya tarik yang kuat dari masingmasing masakan itu. Memang orang Perancis pintar memasak! 

Paris ibukota Perancis yang bermandi cahaya di malam hari, menjadi kota yang yang terindah di dunia. Hampir segala macam hiburan dapat kita temui di sini, keindahan sungai Seine yang membelah kota menyediakan berbagai hal yang menarik pada kedua sisinya. Biasanya wisatawan terlena dengan berbagai hal yang ditawarkan kota ini dan tinggal lebih lama di kota yang mendapat julukan sebagai Kota Paling Romantis di dunia. Saat yang paling tepat ubtuk mengunjunginya adalah pada Musim Semi, Mei – Juni atau di tengahtengah Musim Salju.

La Madeleine
Dibangun untuk menghomati St. Maria Magdalena, merupakan bangunan gereja yang tertua diParis. Pembangunan yang dimulai sejak tahun 1864, dihentikan karena kaisar Napoleon tibatiba ingin mendirikan bangunan untuk menghormati para prajurit yang telah gugur terlebih dulu. Tapi setelah Arc de Triomphe selesai dibangun, bangunan itu diselesaikan dan ditahbiskan sebagai gereja dengan 52 buah pilar yang mengelilingi. Sungguh sebuah bangunan yang mengagumkan baik dari luar maupun dari dalam.
Menara Eiffel
Menara yang dirancang dan dibangun oleh Gustave Eiffel ini telah menjadi ikon kota Paris sejak diresmikan pada tahun 1889. Saat itu bangunan ini merupakan bangunan tertinggi di dunia. Dari tahun ketahun, wisatawan yang berkunjung untuk mengabadikannya tak pernah berkurang. Sebegitu banyak sehingga pada tahun 2006, menjadi monumen yang paling banyak dikunjungi di dunia, lebih dari 6 juta wisatawan.
Pada ketinggian 324m , walaupun tak sempat menaikinya hingga puncak menara ini dapat dinikmati dari segala sudut kota Paris. Ada 2 buah restoran yang cukup terkenal pada ketinggian tersebut, yaitu Altitude 95 dan Jules Verne, di mana turis dapat melihat pemandangan kota Paris yang menakjubkan sambil menikmati hidangan kuliner asli Perancis, serta berbagai macam suvenir.

Fakta mengenai Menara Eiffel
Pada awalnya menara ini menuai kontroversi saat perencanaannya. Hanya sedikit orang mengetahui bahwa menara Eiffel dibangun untuk menyambut Pameran Dagang seDunia yang diselenggarakan di kota Paris pada tahun 1889. Dibangun hanya dalam waktu relatif singkat, hanya dua tahun saja, sebenarnya orang meragukan keberadaan bangunan raksasa yang dianggap tidak terlalu kuat karena digunakan hanya untuk event yang sifatnya sementara saja, nyatanya sampai sekarang tetap kokoh berdiri, bahkan menjadi simbol kota yang tak dapat dipisahkan dengan Paris dan peresmiannya menandai satu abad peringatan Revolusi Perancis tahun 1789 itu.
Sacre Coeur
Gereja yang satu ini agak berbeda dengan gaya bangunan Romanesque di sekitarnya, ia dibangun dengan gaya Roman Byzantine, tampak menonjol terang keputihan diatas bukit Montmartre dengan ketinggian 83m di atas permukaan tanah.
Museum Louvre
Mungkin Museum ini adalah museum yang paling terkenal di dunia. Terletak di tengah kota Paris, Louvre adalah museum nasional Perancis. Atraksi yang paling mutakhir adalah Pyramid Kaca, yang begitu terkenal karena masuk dalam film Da Vinci Code yang terkenal itu. Di dalamnya tersimpan kirakira 3.500 benda benda bersejarah dari 6 sM sampai abad 19M. Berdampingan dengan Istana Louvre meliputi luas tanah sekitar 60.600m persegi.
Lukisan Monalisa yang terkenal itu tergantung di dalamnya.
Katedral Notre Dame
Gereja ini dibuat dengan rasa seni tinggi dengan gaya arsitektur Gothic yang sungguh memukau. Kabarnya dibutuhkan waktu hampir 100 tahun untuk menyelesaikannya. Yang menjadi daya tarik utama adalah menaramenaranya, pahatan yang halus serta keindahan mosaik kaca timahnya.
Arc du Carrousel
Didirikan pada tahun 1808, gerbang terkecil dari tiga buah gerbanggerbang lainnya ini, dibangun oleh kaisar Napoleon Bonaparte untuk memperingati para prajuritnya yang gugur dalam perang mengalahkan kerajaan Austria Raya, mengingatkan pada kesamaan dengan Arc de Constantine di kota Roma. Yang menonjol adalah bentuk 3 pilar utama yang dipahat dengan indah dan 8 buah arca yang sangat indah dari marmer Corinthia dalam bentuk prajurit Napoleon.
Taman nasional Vanoise
Terletak di bagian tenggara negeri ini, taman nasional ini merupakan taman tertua di Perancis dan bagian dari taman nasional Itali yang sampai sekarang merupakan daerah suaka yang dilindungi yang terluas di Eropa Barat. Terletak di sebelah selatan dari puncak yang tertinggi di Eropa, Mont Blanc, meliputi luas lebih dari 130.000 are, merupakan taman geologis dengan berbagai jenis
batuan granit, marmer,kapur dan lainlain. Fauna yang spesifik pegunungan seperti kambing gunung, kelinci gunung, biribiri masih banyak ditemukan. Wisata mendaki gunung tertata sepanjang hampir 310 mil menembus taman nasional ini.
Pantheon
Pantheon merupakan salah satu bangunan yang menarik di kota Paris, selesai dibangun pada tahun 1791. Tadinya digunakan sebagai gereja, namun berubah menjadi tempat peribadahan umum, dengan tinggi 83 m dengan bentuk atap yang bertumpuk 3 dan patung beberapa orang terkenal.
Menara Montparnasse
Menara ini berada di pusat kota Paris, wisatawan sempat terkecoh karena tampilan luar yang kurang ‘wah’. Mereka akan sadar setelah memperhatikan dengan teliti. Menara ini ternyata merupakan salah satu dari 10 atraksi yang paling sering dikunjungi di Paris, kota yang romantik. Tercatat sekitar 670.000 pengunjung setiap tahunnya.
Yang bernilai jual tinggi dari menara ini terletak di tingkat 56 dan 59, pengunjung dapat melihat lapang pandang seluas 360 derajat ke kota Paris. Dapat digunakan lift yang tercepat di Eropa yang dalam 38 detik dapat mencapai ketinggian 196 meter, sebelum jarum detik berotasi satu putaran sempurna pengunjung telah tiba di lantai 56. Di lantai ini setiap orang dapat menyaksikan peta kota yang mengindikasikan beberapa monumen penting (dengan kedipan lampu), film, sesi dialog interaktif dan berbagai pameran lain. Tersedia pula bar yang menyediakan sajian anggur Perancis yang terkenal. Bagi mereka yang tidak tertarik pada minuman dapat singgah di kafeteria tertinggi di Paris: Le 360 Cafe. Lantai 59 pada ketinggian 210 meter, dijuluki sebagai teras tertinggi di Paris, merupakan observatorium terbuka untuk mengamati panorama dibawahnya. Baik pada siang ataupun malam hari, pengunjung dapat terbuai oleh pemandangan kota yang klasik dengan aura yang abadi.
Berbagai moda transportasi, kertea, bis dan kereta bawah tanah, dapat digunakan untuk mencapai Menara Montparnasse. Terbuka setiap hari sepanjang tahun.
Teluk Mont-Saint-Michel
‘Wow’ merupakan ucapan pertama yang keluar dari mulut wisatawan saat menyaksikan keindahan teluk yang terletak 1 km dari pantai utara Perancis, sepanjang pantai Atlantik di Normandia terkenal dengan gelombang laut pasang dan surut . Pulau-pulau karang menyuguhkan keindahan sendiri bagi siapapun yang melewatinya.
Teluk ini juga merupakan tempat hidup bagi beberapa jenis ikan lumba-lumba serta kerang laut. Demikian pula dengan berbagai jenis burung laut yang bermukim disini, diantara celah-celah karang terutama di sepanjang garis laut.
Pegunungan Alpen Perancis
Jangan lupakan untuk mengunjungi pegunungan Alpen bagian Perancis bagi mereka yang mencintai wisata pegunungan. Baik mereka yang tertarik untuk menikmatinya du musim panas, dengan lembahlembah yang hijau dengan hamparan bungabunga yang bermekaran ditimpa matahari, atau puncakpuncak bersalju yang mengundang para penyuka olah raga Ski dengan pondokpondok wisata dan segala fasilitas lengkap olah raga Ski yang tersedia.
Avenue Montaigne
Jalan yang anggun di daerah ke 8 terletak diantara Rond Point des Champs Elysées dan Place de l’Alma (Alma-Marceau stasion metro) dekat Seine. Inilah tempat untuk menemukan butik-butik designer terkenal macam Yves Saint Laurent dan Gucci. Barang-barang mahal!