Italia

Italia memiliki jumlah terbesar akan situs warisan dunia UNESCO di seluruh dunia yang menunjukkan, tanpa satu keraguan lagi, akan kepentingan Italia sebagai negara turisme. Perbendaharaan kesenian-kesenian telah senantiasa menjadi aspek dari Italia yang paling dikagumi dan diletakkan pada tampilan di banyak musium dan galeri di seluruh dunia.

Terletak di sebelah selatan Eropa, Italia masih memperoleh keuntungan dari sejarah yang gemerlapan yang membuatnya salah satu negara terkuat selama periode kebangkitan kembali (Renaissance).

Apa yang membawanya ke peta dunia adalah kebudayaan kesenian dan berfungsi sebagai contoh, dan Italia tetap negara yang menjadi tujuan anda jika anda seorang pencinta kesenian. Negara yang terlihat di atas peta seperti bentuk sepatu bot ini mencakup juga Sicily and Sardinia.

Hampir 75% dari negara ditutupi dengan gunung-gunung. Daerah pegunungan Alpine menjadi batas Italia dengan Perancis, Swiss, dan Austria, dan Apennines bertemu pulau Sicilia. Terdapat empat gunung berapi di negara ini tapi yang terpenting tentu saja gunung Mt. Etna. Gunung raksasa ini meliputi hampir seluas kota London dan membuat orang-orang sekitarnya selalu siap pergi meninggalkannya akibat getaran-getarannya yang sangat keras. Negara ini pada dasarnya dipadati oleh para pelancong dan orang-orang yang berpergian untuk satu daya tarik wisata terpenting dan paling dikenal yakni Stadium dan Theater kuno besar : The Colosseum and the Amphitheater. Jika anda pernah mengharapkan Musium Nasional Romawi, yang nama bahasa aslinya Museo Nationale Romanoto, untuk melihat apa yang membentuk Eropa sekarang, kunjungi saja Roma maka anda akan dapat selalu melihat persis hal tersebut. Roma adalah ibukota Italia dan sekaligus kota terbesarnya. Ia adalah titik pusat dari sejarah, monumen, dan cerita-cerita berlegenda yang membuat suatu keharusan kunjungan oleh para cendekiawan sejarah. Venice adalah kota lain yang tak dapat di abaikan oleh para turis. Kecantikan dan keindahannya yang memikat terletak pada saluran-saluran airnya - kanal-kanalnya - yang mengesankan memalang- melintangi kota itu dan jembatan-jembatan yang di pahat baik yang melewati kanal-kanal. Juga kota Florence diantara yang dinilai kota terbaik di Eropa apabila menyinggung tentang turis.
Museum Vatikan
Terdapat tiga belas museum di kota Vatikan yang dianggap sebagai museum terbaik di dunia yang memiliki berbagai masterpiece lukisan, ukiran, serta benda seni yang terkenal yang merupakan koleksi Paus dari berbagai negara selama berabad-abad. Benda-benda tersebut merupakan koleksi luar biasa yang tidak dapat dijumpai di negara manapun. Meminta bantuan seorang pemandu wisata merupakan tindakan yang bijaksana agar apa yang disajikan oleh museum ini dapat dinikmati sepuasnya.

Gereja Katolik Roma menyimpan banyak koleksi lukisan dan ukiran karya seniman kelas dunia seperti Michelangelo dan Raphael. Museum-museum ini diorganisir dalam berbagai seksi termasuk Pio Clementino, Mesir dan museum Etruscan Gregorian , galeri Candelabra, ruang Raphael, galeri Tapestri, galeri peta dan kapel Sistine. Semua galeri memiliki lukisan serta benda seni eksklusif karya berbagai seniman terkenal dari Roma dan dari segala penjuru dunia. Benda-benda seni tersebut tersimpan di bangunan dengan jumlah ruang 1400 di lahan seluas 13 acres. Juga dipamerkan disini lukisan dinding serta atap Kapel Sistine, Stanze Raphael, patumg Lacoon dan Apollo del Belvedere.
Gereja St. Peter (St. Peter's Basilica) di kota Vatican

Gereja (basilica, dalam bahasa asli Itali) St. Peter ialah gereja terpenting di dunia. Batu pertama gereja ini diletakkan lebih dari 500 tahun lampau, pada tahun 1506. Meja-meja gereja tempat roti dan minuman anggur untuk acara ibadat agama kristen (altars) dan monumen-monumen yang mengagumkan di dalam gereja ialah terlalu banyak untuk disebutkan semuanya, tetapi bahkan bagi mereka yang bukan ahli seni pasti akan terkesan oleh apa yang akan mereka dapat di dalam gereja hebat ini, termasuk tambahan lebih dari karya-karya pemahat serta arsitek terkenal Gian Lorenzo Bernini dan juga patung bunda maria dari Michelangelo. Suatu yang harus disaksikan ialah Baldacchino, bentangan tambahan atap (canopy) yang menjadi tugu (monumental) ini melindungi meja kecil gereja (altar) dan peninggalan obyek patung (relics) dari St. Peter. Secara mengandung seni tinggi (artistic), ia juga berfungsi untuk mengisi ruang tinggi kosong di bawah kubah besar Michelangelo. Ia dibuat dari perunggu gelap yang kuat dikesankan dengan daun-daun pohon anggur emas.

Pada bagian dasar dari Baldacchino dan meja kecil gereja adalah tempat yang lebih rendah karena memblesak ke bawah (sunken) daripada Confessio (the sunken Confessio), sebuah ruang dalam gereja yang lebih rendah di bawah dari sekitarnya untuk menghargai tinggi akan kesaksian daripada St. Peter yang menyebabkan ia menjadi seorang yang mati syahid di atas bukit Vatican. Makamnya berada di belakang tempat kecil bagi jubah kain wol (Niche of the Pallium ) dan ia memuat satu kotak simpanan kecil berwarna perak dengan kain-kain (setiap kain tersebut dinamakan "pallium"), ia adalah kain yang dirajut dari benang-benang wol domba yang telah diberkati pada upacara tahunan dari  St. Agnes (feast of St. Agnes) pada tanggal 21 Januari dan diberikan kepada pendeta-pendeta bishop dan para bishop yang memimpinnya (patriarchs and metropolitans) sebagai pengingat kepada kesatuan gereja.

Sekarang ini, berada di dalam kota Vatican, gereja St. Peter’s mempunyai ruangan dalam yang terbesar di antara seluruh gereja kristen protestan di dunia dan dapat menyesuaikan untuk memuat 60.000 orang pada satu waktu. Menurut tradisi katolik ini adalah situs pemakaman St. Peter (St. maknanya Saint artinya pendeta suci), dan ialah di antara gereja-gereja yang tersuci di dunia. Sudah ada sebuah gereja di tempat ini sejak abad ke-4 masehi tetapi gereja (basilica) yang sekarang baru dibangun pada tahun 1626. Walaupun ini bukan tempat resmi bagi pemimpin pendeta Pope, ia adalah gereja utama sebagaimana kebanyakan upacara dilaksanakan di sini.

Gereja St. Peter memiliki namanya dari sejarah yang dikabarkan Injil bahwa seorang bernama Peter disalib tepat di sana. Dengan bagian dalam ruang yang terbesar dari gereja kisten protestan manapun di dunia, St. Peter’s Basilica sungguh sebuah situs untuk dilihat. Ia memiliki tinggi 600 kaki dengan kubah yang meninggi 435 kaki dari atas lantai. Saat memasuki gereja, anda akan terkejut dengan betapa besar dan luasnya bagian dalamnya yang akan menghimpun 60.000 orang. Gereja yang sekarang telah menghabiskan waktu 120 tahun untuk membangunnya dan telah lengkap diselesaikan pada tahun 1626.

Gereja St. Peter adalah terbuka untuk umum dan gratis. Sebelum masuk and harus melewati pengujian petugas keamanan dan dinasihatkan bahwa wujud peraturan berpakaian yang menutupi aurat dengan baik, jika tidak anda tidak akan pernah diizinkan masuk. Hal pertama yang akan anda perhatikan saat memasuki gereja ialah ukurannya, ia berukuran sangat besar. Pastikan diri anda menghabiskan cukup banyak waktu sekira-kira banyak terdapat di sana hal-hal yang mesti dilihat. Bentangan tambahan atap (canopy) dengan ukiran perunggu yang dirancang oleh Bernini yang menaungi atas meja peribadatan gereja (altar) bagian atas di mana pendeta Pope merayakan massa orang banyak, adalah sangat cantik dan berpengaruh ditengah-tengah gereja. Altar ini, yang langsung berada di bawah kubah gereja St Peter dibangun tepat di atas makam St Peter.

Untuk menyaksikan pemandangan terbaik dari kota Roma, anda harus mendaki naik ke kubah gereja St. Peter. Kubah besarnya dapat dicapai dengan menggunakan lift/elevator ke atap. Apabila anda telah sampai di puncak lift, butuh tambahan 323 langkah menaik lagi untuk membawa anda ke pemandangan yang menakjubkan dari taman-taman Vatican (Vatican Gardens) dan situs-situs Roma. Akan tetapi, jika anda tidak dapat mendaki tangga, anda dapt menaik ke bagian dalam ruang tangga yang jaraknya 170 langkah dari dasar kubah dan anda bisa mendapatkan pemandangan cantik daripada kubah secara dekat dan pribadi, dan bisa menujukan pandangan ke bawah untuk melihat bagian dalam ruang St. Peter’s Basilica. Tetapi yang benar-benar keuntungan besar adalah pemandangan-pemandangan yang seseorang dapatkan saat ia mendaki tangga selebar hanya satu orang, yang hanya satu arah, berkesan sangat sempit dan tertutup, dan mempunyai 330 anak tangga yang berakhir menuju ke sedikit tempat yang ditinggikan dan dibatasi tiang-tiang kecil (balkon - balcony bahasa inggrisnya) dari rangka datar bersegi di puncak kubah (lantern).

Valley of the Temples

Lembah-lembah Candi, Valley of Temples, dalam bahasa Itali disebut Valle dei Templi, adalah serangkaian candi-candi batu emas berarsitektur klasik (Doric) yang panjang merentang sepanjang punggung bukit panjang menghadap ke laut. Sicily, selama abad ke-8, telah melihat kedatangan orang-orang Yunani dan sejak itu candi-candi ini dibangun. Membutuhkan waktu tiga ratus tahun untuk menyelesaikan candi-candi ini. Candi Concord mungkin adalah yang terunggul dan paling mengesankan dari semuanya untuk dilihat. Mereka semuanya adalah candi-candi Yunani yang paling baik dilestarikan di seluruh dunia.

Menara Condong Pisa

Sulit untuk mempercayai mata anda saat anda pertama kali melihat menara condong Pisa yang begitu mempesona bahwasanya masa telah berlalu puluhan tahun sejak menara bel ini berdiri dalam keadaan miring demikian . Tetapi sesuai dengan kebenaran yang ada, anda hanya akan dapat mengagumi keajaiban tak disengaja ini yang telah menawan khayalan benak para turis. Menara condong Pisa adalah menara bel gereja dari kota Pisa. Struktur bangunan yang berdiri bebas ini menjulang hingga ketinggian 56.70 meter dan mempunyai 296 anak tangga yang membawa anda ke puncak menara. Menara mulai condong ke arah baratdaya sesaat setelah penyelesaiannya dikarenakan buruknya pondasi. Sekarang ia mempunyai kecondongan 3.97 derajat.

Pantheon

Dibangun pada tahun 27 sebelum masehi oleh Marcus Agrippa, Pantheon adalah bangunan Romawi kuno terlengkap yang tertinggal di Roma. Pantheon, yang arti harfiahnya ’Candi Tuhan’, dibangun-susun kembali oleh Hadrian pada abad ke-2. Ia membawanya kepada kebesaran yang ia perintahkan sekarang ini. Daya tarik utama Pantheon adalah kubahnya yang tepat sama lebarnya dengan tingginya dan disanggah oleh pilar tersembunyi di tembok. Setelah masa Renaissance, Pantheon digunakan sebagai tempat pemakaman tetapi pada periode pertengahan, ia adalah gereja kristen.

Venice

Venice dapat secara mudah digolongkan sebagai kota impian anda. Keceriaan, keriangan dan keindahan dari dunia air ini tak ada banding lainnya lagi di muka bumi. Kota ini meliput 118 pulau-pulau sepnjang di  timur laut Itali dan terkenal sedunia untuk kanal-kanal dan jalan-jalan air yang memotong kota. Selain daripada satu jalur rel kereta dan sedikit jalan-jalan mobil, hanya ada jalan air yang menghubungkan seluruh kota. Lakukan perjalanan sampan yang khas digunakan di Venice (gondola) di malam hari dan jelajahi penjuru-penjuru kota. Ini mungkin akan menjadi hal teromantis yang anda pernah lakukan. Venice mempunyai beberapa musium ternama di dalamnya seperti musium Biblioteca Natioanle Maricana and Gallerie dell’ Academia. Kota Venice juga menarik sejumlah besar turis selama karnaval Venice yang masyhur.

Vatican City

Kota Vatikan juga merupakan satu magnet turis khususnya ketika anda mengunjungi Roma, Itali. Ia sering disebut sebagai tempat tujuan untuk dilihat-lihat yang suci atau bahasa inggrisnya ‘Holy See’ untuk menyediakan tempat tinggal bagi sebagian gereja-gereja terpenting serta perbendaharaan-perbendaharaan berseni tinggi, yang membuatnya menjadi sesuatu hal tersendiri.

Dengan jumlah penduduk kurang dari 900 jiwa dan area yang hanya 44 hektar. Vatican adalah negara bagian (state) terkecil di dunia, baik dari segi populasi maupun luas areanya; kota Vatikan ialah di mana pendeta pope tinggal. Ia adalah tempat persembunyian para ruhaniawan dengan keadaannya dikurung oleh Roma. Dibentuk pada tahun 1929 sebagai sebuah negara bagian selingkup kota (city-state) yang bebas mengatur dirinya sendiri, kota Vatikan ialah pusat untuk jutaan orang yang telah dan terus menjalankan agama Katolik Romawi. Mengapa anda tidak sanggup untuk kehilangan jalan-jalan kaki yang menyenangkan diterutamanya karena beberapa kreasi istimewa yang menyita perhatian anda memiliki kamar-kamar Raphael (Raphael Rooms), dan acara-acara festival seperti Natal ataupun Easter.

Dengan keberadaannya di bawah wilayah Roma, Vatican diliputi dengan taman-taman indah dan cantik yang dinamai Vatican City Gardens yang dibangun selama masa Renaissance. Keceriaan ditambah ke dalam taman dengan karya seni ukiran yang dipahat dengan sangat baik dan dengan air-air mancur. Dengan tambahan lagi, kota Vatikan juga memuaskan anda dengan daya tarik Roma yang paling baik dikenal yakni musium Vatikan dan ruang kecil gereja Sistine (Sistine Chapel). Gereja-gereja di kota Vatican adalah dianggap sebagai yang terpenting di dunia, gereja St. Peter’s - St. Peter’s Basilica, gereja St. John Lateran - Basilica of St. John Lateran, gereja Santa Maria Maggiore dan St. Paul adalah gereja-gereja yang paling dikenal di kota tersebut. Sehingga bilakah anda datang ke tempat ini?

Musium-Musium Vatican

Musium-musium Vatican, kesemua tigabelas darinya , dipandang sebagai satu di antara musium terbaik dunia yang berfungsi sebagai rumah untuk banyak karya-karya istimewa (masterpieces) mulia daripada lukisan-lukisan, karya-karya ukiran dan kesenian yang dikumpulkan oleh pendeta-pendeta Pope selama beabad-abad. Mereka diperhitungkan berjumlah sangat banyak dengan koleksi yang mengundang decak kagum yang tidak dapat ditemukan di tempat lain manapun juga. Mengunjungi musium bisa merupakan hal yang mengecutkan hati dan anda harus mempertimbangkan untuk mengikuti panduan tur saat mengunjunginya agar dapat menalari dan memahami segala sesuatu yang musium mesti tawarkan.

Gereja Katolik Romawi telah menghimpun cukup banyak  koleksi lukisan-lukisan dan karya-karya ukir dan pahat oleh seniman-seniman terkenal seperti Michelangelo dan Raphael. Musium-musium ini ditata dalam bagian-bagian termasuk Pio-Clementino, musium Egyptian dan Gregorian Etruscan, galeri Candelabra, ruangan-ruangan Raphael, galeri kain-kain berhiaskan motif gambar (tapestries), galeri peta-peta kuno, dan ruangan kecil dalam gereja (Chapel) dari Sistine. Galeri-galeri tersebut memuat gambar-gambar dan karya-karya seni khusus yang ciptakan oleh seniman-seniman terhormat dari Roma dan dari banyak tempat di dunia. Gambar, lukisan serta karya seni lainnya dipersiapkan agar dimasukkan dan ditata di dalam serentetan bangunan-bangunan yang mempunyai 1400 ruangan-ruangan; keseluruhan kompleks mencakup 5.25 hektar. Sebagian dari karya seni yang terkenal yang disajikan di sini diantaranya lukisan-lukisan dinding dan langit-langit ruang kecil dalam gereja daripada Sistine (Sistine Chapel), Stanze of Raphael, patung Lacoon (the Lacoon statue) dan Apollo del Belvedere.

Sistine Chapel

Sistine Chapel (Ruangan dalam gereja  Sistine) sungguh merupakan sebuah situs untuk dilihat dengan seksama. Sistine Chapel dapat dicapai oleh turis melalui musium-musium Vatican (hanya tamu-tamu tertentu saja yang boleh masuk lewat sisi St. Peter daripada Vatican). Turis-turis dipandu dalam kelompok-kelompok kecil di dalam ruang tersebut dan diber waku 10 - 15 menit untuk meyaksian dinding-dinding dan langit-langit. Ia boleh jadi bangunan termasyhur di kota Vatican.

Ruang kecil dalam gereja (chapel) ini mendapatkan namanya from Pope Sixtus IV, dan diperbaiki ke keadaan asalnya (restorasi) dari Cappella Magna tua antara tahun 1477 dan 1480. Setiap hari banyak orang datang dari setiap penjuru dunia untuk mengagumi lukisan-lukisan karya Michelangelo. Sistine Chapel menjadi rumah bagi sebagian karya-karya terkenal Michelangelo termasuk : Penciptaan Adam (The Creation of Adam) dan Pembalasan Penentuan (The Last Judgement). Pada tahun 1508, Pope Julius II memerintahkan Michelangelo yang saat itu masih muda untuk melukis 929 meter persegi (10,000 kaki persegi) luas langit-langit daripada Sistine Chapel. Seniman ini menghabiskan waktu selama 4 tahun dalam menghasilkan karya seni puncak (masterpiece) langit-langit tersebut, dari tahun 1508 hingga 1512. Dikatakan bahwa pekerjaan ini telah mangorbankan keseluruhan jiwa dan raga sang seniman. Hal itu menyatakan, ia telah menerima perintah lainnya lagi dari Pope Paul III untuk melukis bagian atas dari ruangan ini dengan karya bermakna Pembalasan Penentuan (The Last Judgement). Ini dikerjakan secara sangat teliti dari tahun 1537 hingga tahun 1541.

The Sistine Chapel berfungsi sebagai situs daripada Persidangan pimpinan pendeta Pope (Papal Conclave) ketika kelompok pendeta-pendeta yang memiliki hak untuk dicalonkan (College of Cardinals) melakukan rapat untuk memilih seorang Pope baru setelah satu yang sebelumnya wafat. Mereka menggunakan sebuah tanda asap untuk memberitahu orang yang setia ikhlas apakah seorang pope telah dipilih atau belum. Asap putih berarti ya, seorang Pope telah dipilih. Asap hitam berarti tidak, belum.

Sistine Chapel mungkin masyhur untuk lukisan-lukisannya yang menjadi karya Michaelangelo tetapi anda selayaknya memeriksa dinding-dinding tepi yang memuat lukisan cat air dinding oleh Botticelli, Perugino dan Rosselli serta yang lainnya. Sisi bagian bawah memuat banyak lembar-lembar kain terhias sulaman (tapestries) oleh Raphael.  Hendaklah diketahui diawal waktu bahwa jika anda mencoba untuk mengambil pemotretan gambar di dalam ruang ini anda pasti akan didamprat oleh para pewenang musium jika ketahuan. Terakhir yang tak kalah pentingnya, anda harus membawa sepasang teropong (binoculars) kecil jika anda benar-benar ingin melihat keterperincian langit-langit dan dindingnya.

Sementara Sistine Chapel bisa menjadi sebuah tujuan bagi banyak turis-turis, kebanyakan mereka dibuat terpana oleh keseniannya yang mengagumkan yang akan mereka singkapkan sepanjang jalan ketika berjalan menuju ruang kecil dalam gereja (chapel) tersebut. Sebagian yang menjadi favorit sepanjang jalan termasuk  ruangan-ruangan Raphael (satu demi satu lukisan hebat Raphael), halaman dalam bangunan (Courtyard) yang bersegi delapan, ruangan peta (Map Room) yakni dinding-dinding yang ditutupi dengan peta-peta kuno dan langit-langit yang mengesankan, permukaan obyek-obyek yang dihiasi dengan membentuk tonjolan 3 dimensi (reliefs) penuh dengan pahatan dan ukiran (sculptures) dibuat pada abad pertama (New Wing), dan satu koleksi hebat akan karya-karya Mesir (Museo Egizio).

Bea masuk musium adalah 15 euro yang sangat layak. Tiket dapat dibeli di muka secara terhubung internet (online) dengan tambahan bea 4 euro untuk pemesanan penyisihan dimuka (reservation) yang dikenal dengan sebutan bea "melangkahi antrian". Apa yang banyak orang tidak sadari ialah jalan masuk ke musium Vatican bukanlah terletak dibidang lapang (square) dari St Peters (St Peters Square), tapi lebih tepat sebagai suatu jalan kaki 10 dan 15 menit kearah kanan sekitar garis luar kota Vatican.

Vatican Gardens

Taman-taman Vatican adalah taman-taman dan kebun-kebun di pesisir kota yang meliputi tempat lebih dari setengah daripada luas kota Vatican dan terletak di belakang gereja St Peters. Kebunnya meliputi kuranglebih 23 hektar tanah, yang kebanyakannya adalah dikenal sebagai bukit Vatican (Vatican Hill). Taman-taman Vatican dibuat selama era Renaissance dan Baroque, dan dihiasi dengan ukiran-ukiran dan air-air mancur. Anda dapat berjalan menapak tilasi langkah-langkah para pope yang telah jalan-jalan sepanjang taman-taman yang terpelihara baik selama berabad-abad. Anda akan melihat tanaman-tanaman cantik memukau, jalur jalan kaki yang teduh, dan air-air mancur yang indah. Taman-taman Vatican menonjolkan sebuah rancangan khas abad ke-16 dengan menitik beratkan pada susunan bangunan, kesenian ukir, air, dan bentuk susunan. Jika anda mencari banyak bunga-bunga dan warna-warni, tidak akan anda dapatkan di taman ini. Tetapi, tetap menjadi sesuatu yang berharga untuk mengunjunginya. 

Taman-taman Vatican dibuat pada tahun 1279, saat Pope Nicholas III memindahkan tempat tinggal pendeta-pendeta pope dari istana Lateran ke Vatican. Pope itu kemudian menanam sekuntum bunga anggrek (pomerium), seluas tanah berumput (pratellum) dan sebuah taman atau kebun (viridurium). Taman itu dikelilingi oleh tembok tinggi yang dimaksudkan untuk melindungi taman tersebut. Taman-taman ini dikatakan akan menjadi tempat di mana Pope itu akan bermeditasi secara khusus bersendiri sedangkan ia menikmati alam sekitarnya.

Taman-taman yang sekarang ini memiliki beragam bangunan-bangunan, tembok-tembok perlindungan dan monumen-monumen yang dibuat pada abad ke-9. Terdapat juga tanah-tanah tempat tumbuhnya tanaman bunga-bunga, halaman tanah berumput dan 3 hektar bagian hutan. Sebagai tambahan, terdapat juga sejumlah air-air mancur yang menyejukkan taman tersebut. Oleh sebab inilah memiliki atmosfir yang sejuk dan menyegarkan yang membuatnya sebagai satu di antara tempat termasyhur untuk disinggahi dalam kunjungan ke kota Vatican. Dengan kombinasi dari bangunan-bangunan arsitekturnya, tanaman-tanaman hijaunya, bunga-bunganya dan air-air mancurnya yang menyejukkan, taman Vatican sungguh merupakan tempat tenang damai untuk tujuan tur.

Satu-satunya jalan untuk melihat taman-taman tersebut ialah dengan membuat perjanjian dengan tur terpandu (setengahnya menggunakan bus dan setengahnya dengan hanya berjalan kaki) melalui kewenangan Vatican sebab mereka tidak berkenan membiarkan orang-orang berkeluyuran tanpa dipandu melewati taman-taman. Bea tur tersebut sebesar 31 euro dan termasuk : tur resmi terpandu taman-taman ini, masuk ke musium Vatican tanpa dipandu, dan sewa media suara (audio) dari panduan-panduan. Kunjungan taman-taman Vatican tersedia setiap hari kecuali minggu dan hari-hari libur besar Vatican. Tur tersebut juga disiapkan dalam banyak bahasa yang berbeda : bahasa Inggris, Itali, Spanyol, Perancis, Jerman, dan lain lainnya. 

St Peter's Square

St Peter’s Square atau yang dalam bahasa aslinya Piazza San Pietro di Italia berada langsung di depan St Peter’s Basilica di kota Vatikan. Ia berfungsi sebagai jalan masuk utama kota Vatikan. Bidang tanah lapang ini dirancang oleh Gian Lorenzo Bernini dari tahun 1656 hingga tahun 1667 dengan dua baris pilar-pilar yang agak melingkar sebagai pesan tangan-tangan yang sedang menerima kedatangan tamu-tamu yang datang ke gereja, dengan 284 tiang silinder diatur dalam 4 baris yang diatasnya berdiri 140 patung pendeta suci (saints). Ia disusun dan diatur selama pelantikkan para pendeta oleh Alexander VII dan of Clement IX (1657-1667).

Pada bagian tengahnya akan anda jumpai satu tugu kotak berujung kecil (obelisk) dari Mesir yang dibawa ke Roma oleh Caligula pada tahun 38 masehi dari Heliopolis, yang berada di atas daratan dari endapan (delta) sungai Nil. Air-air mancur terletak pada kedua sisi dari obelisk ini. Satu yang berkedudukan di bagian kanan diletakkan di sana oleh Bernini dan dibuat oleh Carlo Maderno. Satu lainnya dibuat oleh Carlo Fontana.

Ribuan tamu berkumpul bersama di bidang lapang ini untuk mendengar pemanjatan doa dari pendeta pope atau untuk berpartisipasi di kumpulan orang banyak, terutama pada saat liburan keagamaan seperti Natal dan Easter. Akan tetapi di siang hari Peter’s Square yang masyhur terdengar berdengung disebabkan suara orang-orang yang bergerak acak-acakan dari satu tempat mengagumkan ke tempat mengagumkan lainnya. Bidang lapang inipun ialah tempat baik untuk sekedar duduk-duduk saja, sedang orang-orang akan menyaksikan tatkala anda masuk ke hal yang menakjubkan dari tempat berkumpul yang penting ini. 

Museo Nationale Romano

Museo Nationale Romano adalah seperangkat gabungan dari empat musium yang ada menyebar di Roma. Dibuka pada tahun 1890, musium ini mempunyai koleksi-koleksi perbendaharaan dari abad ke-5 sebelum masehi hingga abad ke-3 masehi. Lalu pada tahun 1990 koleksi musium dibagi menjadi empat lokasi yang  berbeda. Nama empat musium tersebut ialah : Crypta Balbi, Palazzo Altemps, Palazzo Massimo alle Terme and Baths of Diocletian. Koleksi di musium-musium mencakup lukisan-lukisan para seniman ternama dan karya-karya seni ukir dan pahat yang sangat mengesankan.

Colosseum

Diresmikan pada tahun 80 masehi oleh Vespanian, ia adalah salah satu bangunan stadium terbuka (amphitheaters) terbesar di dunia dengan kapasitas tempat duduk 50.000 orang pada satu waktu. Hampir semua jenis pertunjukkan pertarungan duel diadakan di sini, pertunjukkan duel gladiator, pertarungan antara binatang, pertarungan antara orang dan binatang; semua bisa dinikmati di sini. Ukuran yang demikian besar memungkinkan adanya pertarungan antara dua kapal perang, yang memungkinkan bila sekiranya seluruh dinding luarnya dikedapkan dan dalamnya diisi penuh air. Pelangsungan hukuman mati dan pelaksanaan perang yang tekenal adalah di antara banyak tontonan khalayak umum yang bisa telah disaksikan di sini. Diperkirakan lebih dari 500.000 orang dan binatang telah mati di dalam Colosseum. Tentu saja kebesarannya boleh dikatakan sudah hilang sekiranya hanya sebagian saja yang tegak di tengah keruntuhan akibat gempa bumi, pelapukan oleh air garam, dan oleh waktu berabad-abad keadaannya dibiarkan terlantar begitu saja. Tetap kesan kecemerlangannya yang masih tersisa di Colosseum cukup untuk menjadi daya tarik turis di seluruh dunia. Colosseum tetap digunakan untuk upacara katolik orang Romawi seperti Stations of the Cross yang dijalankan pada hari-hari Jumat ’Good Fridays’ oleh Pope Benedict XVI.    

Tempat-tempat Pertemuan Kekerajaan dan Bangsa Romawi (The Roman and Imperial Forums)

The Roman and Imperial Forum yang diperkirakan sebagai pusat Roma terdiri dari banyak sekali candi menawan, kursi senat Romawi dan rumah para biarawati (House of the Vestal Virgins). Tempat Pertemuan Kekerajaan diadakan pertama kali oleh Julius Ceasar untuk mendemostrasikan kekuatan kaisar-kaisar. Lihatlah penjelasan Trajan yang masyhur yang  mempunyai ukiran (relief) menggambarkan kampanye kaisar melawan Dacians. 

Borghese Gallery

Dimulai pada abad ke-17, ia adalah galeri seni yang ada di dalam bekas villa Borghese Pinciana. Galeri seni terutamanya mempunyai sajian lukisan-lukisan, ukiran-ukiran dan benda-denda antik yang dikoleksi oleh Borghese. Satu dari perbedaan-perbedaan utama yang seseorang akan lihat di galeri ini adalah ia tidak sangat besar dan lebar seperti galeri lainnya melainkan ia agak kompak. sehingga mudah untuk melalui galeri dalam waktu yang lebih singkat. Benda-benda antik klasik dari abad pertama hingga ketiga adalah daya tarik utama musium.

Al Ponte Mocenigo di kota Venice

Sebuah pengalaman menghabiskan kenikmatan di hotel berbintang dua yang mewah di kota Venice yang romantis hanyalah satu tambahan lain lagi atas status yang telah ada atas kota ini sebagai surga sepasang kekasih. Tak diragukan lagi, Shakespeare menamakan satu dari komedi-komedi terbaiknya yang romantis secara tersirat merujuk kota ini - “Merchant of Venice”.  Dikenal dengan buah bibir populer Count Mocenigo menyiapkan tempat ini untuk para pasangan kekasih dan sampai sekarang ia telah mempertahankan kegembiraannya yang lampau. Awasi dan perhatikanlah jalan masuk jembatan pribadi hotel.

Cinque Terre

Ini adalah bagian dari jalur pesisir daratan Italian Riviera. Berada di regional Liguria di Italy, daerah bagian ini terwujud dari lima desa berbeda. Pemandangan di sini sangatlah indah dan dinyatakan sebagai situs warisan dunia UNESCO (UNESCO World Heritage Site) dengan semua desa-desanya, pesisirnya dan taman nasionalnya : Cinque Terre National Park. Dapat dicapai melalui kereta api dan perahu-perahu, Cinque Terre tetap menjadi pusat kegiatan turis bagi negara.

Sassi Di Matera

Terletak di kota Matera di regional Basilicata, Sassi Di Matera adalah pemukiman gua prasejarah. Terjemahan bahasa Indonesia nya ialah  ’Batu Gua di Matera’. Gua-gua ini dipercayai sebagai salah satu dari penataan tempat menetap yang paling awal dari bangsa manusia.

Hal yang sangat menarik tentang gua-gua ini adalah keserupaannya yang jelas nyata dengan lokasi kuno di sekitar Jerusalem.  

Grotta Azzurra

Anda harus berada di sana untuk mengetahui mengapa ia disebut sebagai satu di antara gua-gua yang terbaik dan tercantik di dunia. Arti nama Grotta yakni biru, memberikan kesan keistimewaanya, cahaya matahari yang terang menerpa air asin daripada Mediterranean Sea dan memantul-mantul hingga menerangi gua dengan pantulan cahaya berwarna biru. Kehidupan di dalam gua sangat luar biasa dan jauh lebih besar dan membangkitkan semangat daripada gua-gua laut lain di dunia.

Pengalaman Minum Minuman Anggur Chianti

Regional Chianti dari Tuscany dikenal dengan kebun-kebun anggur terbaik di Itali. Oleh karenanya seyogyanya daya tarik turis utamanya ialah minuman anggur beralkohol (wine) yang dibuat di tempat ini. Berwarna merah seperti warna batu ruby dan bercita rasa seperti sesuatu yang tak bisa dibayangkan, minuman anggur Chianti makin waktu berlalu makin bermutu baik. Bukanlah hanya masalah cita rasa saja yang penting di sini, aroma yang keluar darinya juga mempunyai sifat unik dan memabukkan.   

Trulli di Alberobello

Dibangun seluruhnya dari batu, Trullis adalah bangunan-bangunan tradisionil yang diwariskan oleh beberapa generasi hingga sekarang. Rumah-rumah khas Italia ini yang terbaiknya ada di Alberobello. Menjadi sebuah situs warisan dunia UNESCO (UNESCO World Heritage Site), Trulli di Alberobello adalah pelindung tradisi dan sejarah.

Ponte Vecchio

Dipandang sekarang ini sebagai salah satu jembatan batu tertua di Eropa, dahulu kala Ponte Vecchio sesungguhnya dibangun dari kayu yang telah dihancurkan oleh banjir pada tahun 1333. Setelah duabelas tahun sejak itu, di tahun 1345 ia dibangun kembali dari batu seluruhnya dan semenjak itu telah mempertahankan kejayaanya sebagai yang tertua dari sekelompok orang banyak Florence (Florence’s bevy) dari enam jembatan. Jembatan ini melalui sungai Arno dan sebagai rumah bagi banyak toko yang berkaitan luas akan segala banyak barang. Setelah berbelanja di dalam jembatan, sisikan waktu  malam anda untuk memandangnya dari kejauhan dan lihatlah diri anda mengapa ia ditaruh di peringkat tinggi dalam daftar.

Satu di antara jembatan-jembatan yang terlihat paling cantik di muka bumi, Ponte Vecchio seperti sebuah karya khayalan dan fantasi dari seorang seniman. Ia mutlak akan melengkapi liburan tur anda.  

Cascata delle Marmore
Air Terjun -bahasa Italianya Cascata delle- Marmore (the Marmore’s Falls) adalah suatu air terjun buatan yang dibuat oleh orang-orang Romawi kuno. Ketinggian keseluruhannya adalah 165 m, membuatnya satu di antara air terjun tertinggi di Eropa dan air terjun buatan tertinggi di dunia. Dari tiga bagiannya, bagian atas/puncak adalah yang terpanjang setinggi 83 meter. Ia berada 7,70 km dari Kota Terni, ibukota propinsi dari regional Umbria di Itali. Sumbernya adalah sebagian air sungai Velino sedang sisanya mengalir airnya ke pembangkit energi listrik tenaga air, setelah mengalir melalui danau Piediluco dekat masyarakat Marmore. Ia tumpah kedalam lembah bawahnya yang telah terbentuk oleh sungai Nera. Alirannya dihidup dan matikan sesuai dengan jadwal berlangsung kerjanya yang diberitahukan pada umum agar memuaskan kebutuhan para turis, dan juga perusahaan. Para turis berusaha untuk ada di sana ketika gerbangnya dibuka untuk melihat dorongan air pertamanya yang mendadak dan kuat. Pemandangan terbaiknya adalah dari bawah, tetapi rute jalan bagi para turis dari atas ke bawah mempunyai banyak tempat sebagai titik pandang, dan ia luar biasa indahnya.   

Air terjun Marmore adalah sebuah ciri keutamaan daratan yang terlihat (landscape) yang tetap terjaga dari kerusakkan dan dimakmurkan oleh kehidupan tumbuhan dan hewan - flora dan fauna - yang kaya ragam, dan memiliki tontonan yang didatangkan dari spontanitas alam dan kecerdasan manusia. Asal mereka, sesungguhnya, dengan menilik kembali ke zaman Romawi, ketika lubang Curia Romawi pertama kali digali. Di masa kuno, sungai Velino menciptakan tanah berawa yang mana orang-orang Romawi kuno percaya ia menimbulkan satu masalah penyakit  di sekitar kota Rieti. Untuk memecahkan masalah itu, penasihat-penasihat Romawi pada saat itu memerintahkan pembangunan kanal yang akhirnya mewujudkan air terjun ini. Dengan kerja sistem pipa saluran air ini, aliran air dari daerah Velino diarahkan menuju ke daerah Nera melalui suatu rute yang mencakup turunmya air dalam jumlah tepat, yang saat ini, adalah mungkin untuk mengagumi air-terjun air-terjun cantik ini. 

Jika anda merencanakan akan kunjungan sendiri, anda pasti membutuhkan sebuah mobil. Pergi ke kota Terni (sekitar satu jam arah utara Roma), dan ikuti tanda"Cascate delle Marmore". Sekiranya anda makin mendekat, akan ada dua tempat untuk memulai, "Superiore", bagian atas daripada air terjun, dan "Inferiore", bagian bawah daripada air terjun. Terdapat banyak jalan setapak untuk memasuki pojok tersembunyi daripada kebun. Kejauhan jaraknya dan tingkat kesulitannya yang berbeda-beda memberikan pengunjung pilihan untuk memilih jalur jalan setapak yang 
paling pantas. Kegiatan menaiki rakit (rafting), menaiki sampan kano (canoeing), dan menjerami air terjun (canyoning) dipisahkan khusus untuk pemesanan oleh mereka yang mencari getaran jiwa yang kuat. 

Franciacorta Outlet Village
Franciacorta Outlet Village terletak di utara Italia antara Brescia dan Bergamo. The Franciacorta Outlet Village benar-benar khusus fashion, di mana nama-nama terkenal memperkenalkan koleksi-koleksi terbaiknya dengan harga outlet diskon dari 30% sampe 70% sepanjang tahun. 160 butik-butik membuat Franciacorta Outlet Village benar-benar desa fashion dimana bisa menebak semua selera, a real fashion village where all the senses are captured, memberikan pengalaman baru dan unik, dan juga menyediakan merk-merk yang seimbang antara merk asing dan merk Italia sendiri diluar tentangan dari perusahaan-perusahaan busana yang berkeras membela "Made in Italy". Bukan hanya pakaian tapi juga menawarkan mebel dan perabotan rumah tangga serta barang-barang sehari-hari. 

Merk-merk: Acquafredda, Adidas, Alcott, Americanino, And, Angelico, Artigli, Asics, Bagutta 1975, Baldinini, Bata, Benetton, Beretta, Bialetti, Billionaire, Boggi, Bottega del Sarto, Calvin Klein, Conte of Florence, Désirée, Del Mare 1911, Essenza, Feni Uomo, GameStop, Guess, Tommy Hilfiger, Home & Cook, Imperial, Kappa, Levis, Mangano, Marina Militare, Napapijri, Nike, Pinko, Puma, Rifle, Rip Curl, Sisley, Slam, Stefanel, Tailor Club, The End, Timberland, Triumph, Zuiki