Spanyol

Merupakan destinasi wisata yang bahkan oleh penduduk Eropa sendiri sangat diminati karena pemandangan alamnya, keramahtamahan penduduknya, biaya yang relative lebih ringan dan terutama sekali iklimnya yang bersahabat dapat dinikmati sepanjang tahun. 

Daerah bergurun Almeria, punggung pegunungan Pirenea, pulaupulau mungil disekitar pantai Galisia, Spanyol sungguh merupakan surga wisata bagi para turis. Secara geografis tak dapat disangkal lagi menjadi tempat pertemuan berbagai budaya , kekayaan bersejarah, selain pemandangan alam yang mengagumkan. Warisan bersejarah dari budaya yang kaya seperti bangunanbangunan antik serta museummuseum yang unik banyak ditemui. 

Meliputi luas lebih dari 505.000meter persegi, merupakan 84% dari luas seluruh semenanjung Iberia, hampir separuhnya adalah dataran tinggi. Ibukota Madrid adalah kota terbesar kedua Di Eropa Barat setelah Paris di Perancis. Spanyol berbatasan dengan Perancis dan Andora di sebelah utara, Lautan Atlantik dan Portugal di sebelah barat ,Laut Mediteranea di sebelah timur dan tenggara , sisanya berbagi pegunungan Pirenea dengan daratan Eropa lainnya.

Sesuatu atraksi yang tak dapat dipisahkan dari budaya Spanyol adalah atraksi rakyat seperti adu Banteng dan Matador, yang ada sejak abad 8 M, taritariannya seperti Salsa, budaya kulinernya yang khas, dan bahasa sungguh romantis yang populer sampai sekarang menunjukkan sifat dasar bangsa ini yang selalu penuh antusiasme seperti klub sepak bola Real Madridnya, romantis seperti Julio Iglesias, menyebabkan Spanyol tak mudah dilupakan oleh para pengunjungnya. 

Ibukota Madrid terletak hampir di tengahtengah negeri ini, terbesar di Spanyol, di atas dataran tinggi Kastilia,dengan iklim kontinental yang selalu hangat dan lembab pada musim panas namun tetap menyenangkan sepanjang tahun. Dipenuhi dengan bangunanbangunan sederhana yang cantik, budaya yang menggetarkan dan kehidupan malam yang kabarnya paling menarik di dunia.

Kotakota lainnya yang terkenal adalah Barcelona, Bilbao, Granada, Sevila dan pulau Ibiza.

Musium Guggenheim: Bilbao
Museum Gugenheim berisi karyakarya seni modern maupun kontemporer, dengan bentuk bangunan yang agak aneh yang digambarkan sebagai bentuk kapal yang sedang berlayar di atas sungai Nervion di dalam kota Bilbao ini. Bagian luar bangunan terbuat dari kaca, batu kapur dan titanium, sungguh tampak mempesona. Dengan pencahayaan di malam hari, ini betulbetul merupakan pameran seni modern kontemporer yang sungguh artistik. Museum mempunyai koleksi seni lukis dan patung dari abad ke 20, juga sering mengadakan pameranpameran yang teratur sepanjang tahun. Yang terkenal adalah sebuah koleksi dengan judul The Matter of Time yang berupa karya seni dari baja tahan karat seperti tematema Rusia atau Cina.
Sierra Nevada
Sierra Nevada merupakan bagian paling selatan Eropa yang masih diliputi es. Mencakup daerah luas sekitar 50 mil dari barat ke timur. Ditandai dengan barisan tebing dan danau-danau yang indah mempesona, menjadikannya Taman Nasional yang dilindungi dengan populasi Ibex (kambing gunung) Spanyol terbesar dan ditemukannya berbagai macam fauna indeginus yang menakjubkan. Puncak-puncak pegunungan Alpen pada ketinggian 3000m selalu diselimuti salju sungguh memanjakan mata kita.
Katedral kota Burgos
Sekilas mata memandang kearah Katedral yang indah ini pernyataan apapun menjadi terlalu merendahkan. Bentuknya yang halus menjadikan kita tak dapat berkata-kata. Katedral Burgos yang dipersembahkan bagi Bunda Maria, telah terpilih menjadi salah satu Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO pada tahun 1984. Banguna dimulai pada tahun 1221 Rak pernah diketahui kapan selesai dan sampai sekarang masih terus direnovasi. Jelas tampak muka ini adalah bangunan yang dipengaruhi oleh gaya Gothik Perancis. Bagian dalam nya tak kalah mempesona. Dapat dilihat bagian-bagian yang ditangani oleh seniman-seniman terkenal abad ini, menjadi bagian dari atraksi yang menarik saat ini.
La Mezquita

Salah satu bangunan mesjid di Spanyol, bangunan dengan arsitektur yang genius ini didirikan antara abad 8-10 M, diatas 900 buah tiang dan lengkung dari marmer dan granit yang memberikan kesan bangunan ini berdiri diatas hutan cadas. Beberapa kali dirusak namun diperbaiki kembali sehingga sampai sekarang masih memperlihatkan keanggunan yang tetap mempesona. Tak dapat dipungkiri kalau mesjid ini adalah tetap mesjid yang terindah di seluruh Eropa.

El Prado: Madrid

El Prado terletak di ibukota Spanyol, tempat disimpannya berbagai karya seni terkenal seniman Spanyol yang mendunia, merupakan koleksi dari hampir 5000 buah lukisan, 2000 barang cetakan, 1000 buah koin, dam berbagai karya dekoratif dari seniman-seniman Spanyol dari abad 12sampai 19 M seperti Las Memimas karya Diego Velasquez atau karya-karya Fransisco Goya maupun El Greco. Bangunan El Prado sendiri ditengarai sebagai salah satu bangunan indah yang menghiasi kota Madrid.

La Sagrada Familia

Bangunan ini langsung tampak menonjol di langit Barcelona, modern serta menunjukkan kehebatan seni arsitektur Spanyol masa kini. Merupakan katedral terbesar kedua di Barcelona. Di desain dalam bentuk salib dengan 5 poros dan 3 gerbang, terkenal karena menara-menaranya yang ramping setinggi hampir 100 m dari dasarnya dengan puncak yang mengerucut dihiasi keramik. Dengan delapan menara yng menjulang tinggi, anak tangga spiral, dan beranda yang menawan, sungguh suatu masterpiece karya seni arsitektur yang tinggi dengan gaya campuran semi modern , semi Gothik. Bangunan ini adalah karya seniman besar Antoni Gaudi.     

Bangunan ini langsung tampak menonjol di langit Barcelona, modern serta menunjukkan kehebatan seni arsitektur Spanyol masa kini. Merupakan katedral terbesar kedua di Barcelona. Di desain dalam bentuk salib dengan 5 poros dan 3 gerbang, terkenal karena menara-menaranya yang ramping setinggi hampir 100 m dari dasarnya dengan puncak yang mengerucut dihiasi keramik. Dengan delapan menara yng menjulang tinggi, anak tangga spiral, dan beranda yang menawan, sungguh suatu masterpiece karya seni arsitektur yang tinggi dengan gaya campuran semi modern , semi Gothik. Bangunan ini adalah karya seniman besar Antoni Gaudi.     

Peletakan batu pertama pada tahun 1882 dan diharapkan akan selesai pada tahun 2026 yang akan datang sebagai kenangan 100th meninggalnya Gaudi tahun 1926, menjadi daya tarik wisata yang kuat untuk Barcelona, hampir 3 juta wisatawan setahun mengunjunginya. Ke 12 gapura sepanjang ke tiga pintu masuk menggambarkan ke duabelas Rasul Kristus, sedang ke 5 sisanya menggambarkan Bunda Maria dan ke 4 Penginjil. Dengan ketidak senangannya terhadap garis lurus (menurut Gaudi dalam alam semesta ini tak ada yang lurus-lurus saja) untuk menghindari hal itu Gaudi membuat menara-menara ganjil yang ‘membengkak’ pada puncaknya, meniru bentuk gunung keramat Montserrat yang terletak dipinggiran kota Barcelona, dibungkus dengan pahatan acakacakan yang seakan tumbuh dari batu itu.

Baru 8 dari 18 menara yang selesai, juga bagian interiurnya sehingga bangunan ini sudah dibuka untuk publik sejak tahun 2012 yang lalu. Gereja ini tampak berbeda bila dilihat dari berbagai sisinya, dari pintu bagian belakangnya tampak kubah buah-buahan yang menggambarkan keempat musim . Sisanya sedang dalam pembangunan sehingga pasti akan ada tambahan-tambahan yang menarik dari bangunan ini di masa mendatang. Tetap saja tempat ini adalah tempat yang patut disinggahi sepert halnya kontroversi tentang Sagrada Familia yang masih berlanjut.

Red Carpet di San Sebastian

Merasakan bagaimana berjalan di atas Red Carpet serasa bintang terkenal pada Film Festival Internasional, di San Sebastian dalam event persaudaraan perfilman sedunia itu. Sambil membayangkan bahwa pada suatu saat di tempat ini kita dapat melihat langsung para celebritis dunia lalu lalang dihadapan kita. 

Karya-karya Frank Gehry
Frank Gehry adalah seorang arsitek keturunan Amerika-Kanada yang karya-karyanya diakui  dalam dunia industri ini. Dua buah maha karyanya ialah Museum Guggenheim di Bilbao. Bangunan dengan luas 32.000meter persegi
yang sungguh mempesona itu dapat anda kagumi sebegitu anda melihatnya. Selain itu dapat anda nikmati pula arca ikan baja ditepian pantai Barcelona, bekas disenggarakannya Olympiade Barcelona beberapa waktu yang lalu. 
Wihara Budha O Sel Ling

Ditengahtengah perjalanan wisata keliling Spanyol tibatiba anda menemukan sepotong daerah Tibet dengan bangunan wihara yang muncul diantara pemandangan tebing nan indah Sierra Nevada. Namanya yang mempunyai arti ‘Place of Clear Light’ itu walau tak seutuhnya dapat mempresentasikan Budha Tibet, tetap dapat menyuguhkan keunikannya.

La poqueira gorge(?) diatas lembah Andalucia, dikaki gunung Alpujarra, tampak bangunan bebatuan kuno dan beberapa stupa tradisional Budha, siap untuk memenuhi kebutuhan untuk menenangkan diri setelah menikmati wisata Spanyol yang heboh.   

Barcelona

Barcelona adalh sebuah kota besar, kota pelabuhan, ibukota provinsi Barcelona dan Catalonia, terletak di bagian timurlaut dari Spanyol, kirakira 90 mil dari perbatasan dengan Perancis. Wisatawan dari seluruh duniadatang ke tempat ini karena punya daya tarik tersendiri, antara lain orangnya yang individualistis, tentu saja seni bangunan yang artistik, makanannya yang berbumbu, pemandangannya yang mempesona dan kehidupan malam yang menjamur. Kota ini akan selalu menarik perhatian dengan pesona yang tak habishabisnya, membuat kita terpikat tak mudah untuk meninggalkannya. Kota yang dipenuhi dengan jalanjalan yang tersembunyi, kebunkebun rahasia, butikbutik yang ajaib, barbar yang tampak berkarat, halaman(patio) yang luas dan taman-taman tang indah. Ketika Hans Christian Anderson sang pengarang itu mengunjungi Barcelona pada tahun 1862, ia menjuluki kota itu sebagai Paris dari Spanyol. Kota itu dipenuhi dengan museum, gedung arsip, perpustakaan dan bangunan berbagai karya seni dimana seni yang antik dan modern ( Art Nouveau) bertemu.

Barcelona yang juga mempunyai bangunan-bangunan yang menjadi ciri dari kota modern masa kini , namun selalu menarik para arsitek yang terhormat dengan karya-karya yang orisinil, seperti bangunan Diagonal yang modern bersaing dengan karya pahat Catalan dan La Sagrada Familia dari Anton Gaudi yang menjadi simbol kota ini, termasuk bangunan apartemen bertingkat Cassa Batllo, Casa Milla (La Pedreda) dan Taman Guell.

 Oympiade Barcelona 1992

Pengaruh penyelenggaraan Olympiade itu ternyata membawa berkah yang sampai sekarang dapat dirasakan. Barcelona hidup kembali dan menjadi pusat wisata dunia utama. Pembersihan daerah pantai dan pelabuhannya, penbangunan perkampungan atlet dan tentu saja stadion-stadion untuk pertandingan-pertandingan yang diselenggarakan saat itu seperti Montjuic. Sekarang ini gedung-gedung seperti Palau sintJordi dan Camp Nou, masih digunakan sebagai tempat pertunjukan konser, festival-festival dan tentu saja kandang klub sepakbola Barcelona yang terkenal itu.

Bicara tentang pantai, pilihan tak habushabisnya. Garis pantai yang indah panjang itu menyediakan berbagai pilihan yang tak habishabisnya dari yang alami sampai yang buatan. Costa Brava terkenal dengan pemandangan alami yang menenangkan dan menyejukkankalbu, pantainya yang panjang dengan air yang bersih jernih, pasirnya yang putih bersih pula dan letaknya yang tak jauh dari kota membuatnya mudah dijangkau. Ada beberapa tempat yang meneyediakan sarana untuk mandi matahari hingga kulit kecoklatan, tempat untuk berenang, surfing dengan layanglayang, atau sekedar bersangris disatu dari sekian banyak chiringuitos(pondok pinggir laut).

 Bicara tentang Bar dan Klub, Barcelona tak kekurangan. Tinggal pilih, mau HipHop, Funk, Elektronik, rumahan, pop, 80’s Rock atau Top40. Pokoknya tidak susah untuk mendapatkan tempat-tempat seperti ini.

Kalu sudah di Barcelona jangan sampai lipa mencicipi makanan yng disebut PAELLA, makanan tradisionil Spanyol. Kombinasi yang uenak antara seafood, daging ayam, sayur mayur yang dicampur dengan nasi safron yang berwarna merah itu (semacam penyedap yang khabarnya mengandung bahan semacam ganja).

Barcelona adalah salah satu kota yang unik yang mempunyai hampir mempunyai segalanya. Apakah anda gemar bersantai dekatdekat dengan air, atau mendaki gunung, berkunjung ke galerigaleri seni, berbelanja atau sekedar cuci mata keluar masuk butik, menikmati arsitektur bangunanbangunan cantik, juga wisata kuliner mencoba berbagai masakan Spanyol yang lezatlezat dari pagi sampai malam, bahkan sampai esok harinya lagi, kota ini betulbetul kota yang dapat memenuhi segala keingintahuan mereka yang mengunjunginya.

Barcelona adalh sebuah kota besar, kota pelabuhan, ibukota provinsi Barcelona dan Catalonia, terletak di bagian timurlaut dari Spanyol, kirakira 90 mil dari perbatasan dengan Perancis. Wisatawan dari seluruh duniadatang ke tempat ini karena punya daya tarik tersendiri, antara lain orangnya yang individualistis, tentu saja seni bangunan yang artistik, makanannya yang berbumbu, pemandangannya yang mempesona dan kehidupan malam yang menjamur. Kota ini akan selalu menarik perhatian dengan pesona yang tak habishabisnya, membuat kita terpikat tak mudah untuk meninggalkannya. Kota yang dipenuhi dengan jalanjalan yang tersembunyi, kebunkebun rahasia, butikbutik yang ajaib, barbar yang tampak berkarat, halaman(patio) yang luas dan taman-taman tang indah. Ketika Hans Christian Anderson sang pengarang itu mengunjungi Barcelona pada tahun 1862, ia menjuluki kota itu sebagai Paris dari Spanyol. Kota itu dipenuhi dengan museum, gedung arsip, perpustakaan dan bangunan berbagai karya seni dimana seni yang antik dan modern ( Art Nouveau) bertemu.   
Park Guell

Salah satu dari tamantaman umum dunia yang sangat mengesankan. Taman ini terletak di kota Barcelona dan didesain oleh arsitek ternama Antonio Gaudi. Taman ini oleh UNESCO dinobatkan sebagai salah satu warisan budaya dunia yang harus dilindungi dan merupakan satu diantara hasil karya Gaudi yang mendunia. Taman yang indah ini dihiasi patungpatung mosaik dan karya seni gelas. Letaknya diatas sebuah bukit, meliputi kompleks taman yang luas dengan tumbuhtumbuhan yang subur kehijauan dengan berbagai elemen arsitektur yang sungguh indah. Salah satu karya Gaudi : mosaik salamander yang warnawarni yang terkenal sebagai “ El Drag” ( atau The Dragon ) menyambut setiap orang yang masuk melalui pintu utama, sungguh merupakan pemandangan yang memanjakan mata. Sambil berjalanjalan santai keliling taman dengan berhenti sesekali menikmati karyakarya seni, jangan lupa untuk mengunjungi Musium yang terletak di dalamnya. 

Casa Battlo

Caa Batllo, bangunan abad 19 yang didesain ulang oleh Antoni Gaudi ini adalah satu diantara dua karya istimewa seniman ini Passeig de Gracia dan yang lain adalah La Pedrera. Interior maupun tampak luar yang unik bak negeri dongeng.

Tampak luar pada bagian muka seperti dibuat dari tumpukan tengkorak dan tulangbelulang. Penduduk sekitarnya menamainya sebagai Rumah Tulang atau Casa del Ossos atau Casa del Drac ( Rumah Naga). Segera saja kita akan mengenalinya sebaga rumah dengan balkon berbentuk tengkorak dan tulangtulang sebagai penyangganya.    

Casa Milla

Casa Milla atau dikenal dengan julukan La Pedrera  adalah karya Gaudi yang terkenal lainnya setelah La Sagrada Familia dan Casa Batllo. Dibangun seluruhnya dari tumpukan batu alam, tanpa warnawarna dan ornamenornamen yang mencolok.  Satusatunya yang menarik perhatian adalah bagian atap , dimana tampak paduan beberapa cerobong asap dengan  berbagai bentuk surrealistik bak patungpatung yang berdiri sendirisendiri diatas atap bangunan.

The Magic Fountain of Montjuic

Ini juga salah satu pojok yang banyak dikunjungi wisatawan, hampir mencapai 2,5 juta orang setahunnya. Pertunjukan air mancur yang menari ini diadakan tiap hari Kamis sampai Minggu dimusim panas dan hanya hari Jumat dan Saptu di musim dingin. Setiap pertunjukan berlangsung selama 30 menit, dan selalu berubahubah. Ini adalah pertunjukkan airmancur, sinar lampu dan musik yang menawan. 

L’Aquarium de Barcelona

Barcelona mempunyai salah satu aquarium terbesardi dunia. Terletak di Fort Vell, dekat pelabuhan Barcelona dan merupakan salah satu tempat hiburan keluarga yang disukai anakanak. Terdiri dari 21buah tangki gelas yang dihubungkan dengan lorong ditengahnya sehingga serasa menembus laut dengan berbagai isinya yang menggambarkan berbagai biota laut dengan pemandangan ecosystemnya dengan berbagai jenis ikan dan bunga karang warnawarni , belut, hiu dan seluruh isi Laut Mediterania. Di sana juga disediakan tempat bermain anak dan toko cinderamata.

Poble Espanyol de Montjuic

Yang dikenal sebagai Poble Espanyol de Montjuic itu sebenarnya adalah museum terbuka Desa Spanyol yang dibangun bersamaan dengan diselenggarakannya World Expedition pada tahun1929 lalu. Merupakan pameran arsitektur yang dibuat semirip mungkin dengan kehidupan di pedesaan Spanyol  ‘yang ideal’. Atas permintaan umum, desa itu dibiarkan tetap berdiri sampai sekarang. Terdiri dari bentuk rumah pedesaan yang berbeda-beda dari berbagai daerah di Spanyol.

Camp Nou

Daya tarik persepakbolaan yang kuat para fans sepakbola dunia menjadikan stadion FCB yaitu Camp Nou sebagai salah satu lokasi yang patut dikunjungi. Stadion yang berdaya tampung  100.000 penonton itu menjulang setinggi 48 meter dan terlihat dari seluruh penjuru kota. Wisatawan dapat berkeliling melihat-lihat lantai dasar, museum sepokbola, ruang multimedia, dimana diperlihatkan sejarah berdirinya klub sejak pertamakali,melihat pertandingan-pertandingan fenomenal yang pernah diselenggarakan, bahkan mengintip ruang ganti pemain. Tempat ini mudah dijangkau dengan Metro.

Bonbin Barcelona
Kebun binatang Barcelona merupakan bagian dari taman kota Parc de la Ciutadella, dihuni oleh lebih dari 7000 ekor binatang dari kira-kira 500 jenis species. Didirikan sejak tahun 1892 merupakan salah satu yang tertua dan termodern di dunia. Kebun binatang ini juga terkenal karena dihuni oleh Snowflake, si Putri Salju, beruang albino yang jarang itu.
Museu Picasso

Museum Picasso ini menyimpan lukisan-lukisan karya casso yang diatur secara bertututan sejak awal kariernya sampai karya pungkasan.  Dengan penataan seperti ini anda dapat merasakan, mengikuti perubahan wawasan/cara berpikir sepanjang hidup  sang maestro, melalui perkembangan karya-karyanya sebagai artis . Terpampang sketsa-sketsa sederhana di awal kariernya.

Belanja di La Rambla

Jalan raya yang membelah jantung kota Barcelona ini merupakan surga para pejalan kaki , dengan jalanan sempit untuk kendaraan 2 jalur, sementara bagian  pedestrian mendominasi.  Ini adalah bagian pertama yang pantas dikunjungi bagi mereka yang baru pertama kali mengunjungi Barcelona. Keramaian kota yang menawan tempat bertemu para pejalan kaki dengan restoran dan toko-toko di kanan kiri, sementara setengah bagian selatannya berubah menjadi agak kumuh setelah senja. 

El Barri Gòtic
Bagian dari kota tua Barcelona ini dibangun sejak  zaman Romawi Kuno, diatas dan sekitar kota Barcino. Sayangnya sebagian bangunan-bangunan tua itu telah mengalami dua kali perubahan yang diadakan sekitar abad 19 dan 20. Bangunan modern tampak berdiri bersisihan dengan gereja antik yang cantik, pasar tradisional , plaza- plaza berdiri bersebelahan dengan gedung-gedung modern. Ya, sekumpulan daerah campuran arsutektur Gothic dan modern yang menawan.
Tibidabo
Tempat rekreasi keluarga ini patut dikunjungi bila anda membawa anak-anak. Taman Ria yang antik ini dapat dicapai dengan menaiki kereta api listrik yang antik pula, The Blue Tram dari Plaza Catalunya. Dibuka pada musim panas saja , antara bulan Maret sampai September. Dari ketinggian Tibidabo, di waktu malam tampak puncak gereja dari kejauhan, sementara di siang hari tampak pemandangan kota dari di bawahnya.
Museu Nacional d'Art de Catalunya
Museum ini adalah museum nasional yang menyimpan benda-benda seni budaya Catalan, Barcelona-Catalonia, Spanyol.  Benda-benda seni yang tersimpan dari sekitar abad pertengahan sampai sekarang, terutama bagian penyimpanan karya-karya seni Romanesque yang terkenal di dunia. Dibangun pada tahun 1929 dan renovasi tahun 2005.