Belgia

Belgia memperoleh kemerdekaan dari Belanda pada tahun 1830, dan tidak lama berselang negara itu terbebas dari berbagai  permasalahan politik luar negeri. Negara ini berkembang begitu pesat sebagai negara yang mandiri dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi para turis, karenanya tidak salah apabila negeri ini dijuluki sebagai “harta Eropa yang tersembunyi”.

Belgia ibukota Brussels meliputi wilayah seluas 30.528 km, memiliki populasi penduduk sekitar 10,5 juta jiwa, bahasa resmi Belanda, Perancis, Jerman ,pernah diperintah oleh berbagai kerajaan eropa karena posisi geografisnya bersilangan dengan negara-negara eropa, banyak tempat wisata menarik, mulai dari arsitektur bangunan indah sampai kapal pesiar romantis berikut menu makanan lezatnya, melihat pengaruh Roma, Celtics, Jerman, Perancis, Spanyol, kota kotanya Antwerpen, Ghent, Dinant, Brugges, Leuven, Hasselt.

Royal Museum of Fine Art
Didirikan pada 1816, Royal Museum of Fine Arts terkenal akan koleksi berbagai lukisan serta gambar, karya seni pahat yang cemerlang buatan abad ke 14 sampai ke 20. Terdiri atas dua seksi yang berbeda, yakni historical dan modern arts. Karya seni yang paling terkenal adalah “Death of Marat” dari David. Bangunan dimana museum itu berada juga sudah merupakan atraksi tersendiri. Bangunan dengan arsitek neoclassical tidak banyak dijumpai, dan bangunan ini merupakan salah satu yang terbaik. Gedung ini patut dikunjungi oleh mereka yang menggemari bangunan kuna dan museum seni.
Alun alun Brussels
Kecantikan Alun-alun telah menjadikan Brussel menjadi terkenal di seluruh dunia dan dianggap merupakan town square yang tercantik di Eropa. Dikelilingi oleh city Town Hall, the Bread house and Grill houses, menjadikan Grand Palace sebagai daya tarik terkenal bagi para turis yang mengunjungi ibu kota Belgia ini. Di tempat ini pula sering diselenggarakan berbagai konser dan festival musik. Keindahan bangunan-bangunan tersebut akan lebih menakjubkan pada malam hari. Setiap 2 tahun sekali pada bulan Agustus diselenggarakan festival bunga, bunga-bunga disusun sehingga menyerupai permadani. Selama beberapa hari lantai di daerah tersebut seluruhnya akan ditutupi bunga yang disusun dalam berbagai komposisi.
Atomium
Atomium merupakan model unit sel dalam tubuh yang diperbesar sebanyak 165 juta kali, menjulang setinggi 102 meter tersusun dari 9 lengkung baja yang dihubungkan satu sama lain dengan sistem tabung. Setiap tabung memiliki eskalator yang mengangkut pengunjung ke ruang ekshibisi dan berbagai area publik. Dari puncak atomium terbentanglah pemandangan kota Brusel yang indah.
The Bourse
Merupakan bangunan dimana kegiatan bursa saham Belgia berlangsung. Terletak di jantung kota dan merupakan salah satu tujuan wisata penduduk lokal, sekedar duduk-duduk di depan bangunan ini sembari menikmati kegiatan sehari-hari. Waktu terbaik untuk mengunjungi bursa ini adalah pada sore hari saat kegiatan bursa telah berakhir.
Museum Berlian di Antwerpen
Sejak lama Antwerpen telah dikenal sebagai pusat berlian, untuk itu mereka telah membangun sebuah museum berlian terbesar di dunia. Anda akan tercengang menyaksikan berlian dalam berbagai bentuk, ukuran serta warna- warna yang tak terhingga jumlahnya. Pengunjung dapat memilih pemandu elektronik dalam berbagai bahasa dalam museum sepuasnya, tidak perlu terburu-buru. Berbagai perhiasan lain buatan abad 16 sampai dengan berlian yang paling modern juga dapat disaksikan disini.
Kastil Gravensteen, Ghent
Kastil Gravensteen, yang berarti kastil bangsawan, berada di bagian kota tua Ghent. Bangunan yang dididrikan oleh Pangeran Philip dari Alsace ini berbeda dengan kastil lain di negeri ini. Bangunan yang masih ada sekarang diselesaikan pada tahun 1180, selama ini pernah mengalami renovasi yang cukup besar, sehingga timbul pertanyaan mengenai otentik tidaknya bangunan ini. Sekalipun demikian kebesaran kastil ini masih dikagumi oleh turis mancanegara maupun turis lokal.
Manneken Pis
Berlokasi dekat pada Great Place, Manneken Pis (Manneken sedang buang air kecil) merupakan salah satu atraksi yang cukup digemari di Brusel. Berbentuk patung anak yang terbuat dari perunggu yang dipercaya sebagai penyelamat kota dengan mengencingi sebuah bom yang ditanam di dinding kota. Namun demikian masih banyak beredar legenda seputar patung ini. Sekalipun selama ini patung tersebut memang diciptakan dalam keadaan telanjang, beberapa orang telah mengkreasikan berbagai model pakaian untuk patung ini yang digunakan pada berbagai kesempatan yang berbeda.
Tongeren
Tongeren merupakan kota tua di Belgia yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan karena kecantikannya, kebudayaan di masa lampau. Oleh orang Roman disebut sebagai Atuatuca Tungrorum. Dapat dijumpai berbagai bangunan bernilai sejarah tinggi terserak di berbagai penjuru kota. Museum Gallo Roman, Basilica of Our Lady yang dibangun dengan gaya Gothic dan memiliki lonceng menara setinggi 64 m merupakan atraksi utama di kota tersebut disamping pertunjukan tari dan musik.
Istana kerajaan
Istana raja di Brusel memiliki struktur bangunan tercantik di Belgia. Sekalipun raja dan ratu Belgia tidak mendiami istana namun istana dianggap sebagai simbol kediaman kerajaan. Di istana kerajaan ini, Raja dan ratu menjalankan tugas hariannya serta terdapat perkantoran untuk Mahkamah Agung, Sekretariat Kabinet, Sekretaris Militer dan beberapa instansi penting lainnya.