Denmark

Terletak di Scandinavia, Denmark adalah negara yang berada di paling selatan daerah Nordik. Denmark memiliki daya tarik sejarah, keindahan alam dan keragaman budaya yang kaya. Tahun demi tahun Denmark telah menduduki puncak peringkat sebagai tempat yang paling membahagiakan di dunia. Biasa dikatakan bahwa semua orang di dunia datang ke Denmark untuk belajar mantra baru agar menjadi lebih bahagia. Mereka lebih sering berhasil memperoleh yang diinginkan daripada tidaknya.

Meliputi daerah seluas hampir 43.098 km persegi, Denmark berbatasan dengan Jerman, Swedia, Norwegia dan Laut Utara. Meski menjadi salah satu negara terkecil di Eropa yang merupakan pulau terkecil di Denmark, Zealand and Funen adalah pulau terpenting yang sangat menarik bagi kebanyakan turis. Sebagian besar Denmark datar dengan rata-rata ketinggian hanya 31 meter dari permukaan laut dan 170 meter titik tertingginya. Tetapi hal tersebut tidak menghalangi Denmark untuk memiliki peringkat tertinggi dari banyak daya tarik alamnya, karena negara ini penuh dengan danau-danau dan tanah-tanah yang ditumbuhi rerumputan hijau untuk gembalaan ternak yang tetap bisa dikunjungi sepanjang tahun. Hal pertama yang anda perhatikan saat tiba adalah kenyataan bahwa kebanyakan orang Denmark mutlak sangat menjunjung tinggi kebersihan dan akan terlihat lebih nyata lagi saat anda mengunjungi banyak pantai di pesisir Denmark. Pantai-pantai yang bersih menawarkan kesempatan baik untuk berolahraga air seperti berselancar, berenang dan berlayar. Sejarah Denmark yang tercermin dari bangunan-bangunan benteng dan istana bersejarah adalah sebagai suatu sisa penaklukan saat serbuan Viking yang pernah menguasai Denmark. Anda sekarang dapat mengunjungi benteng-benteng kokoh yang pernah dibangun oleh Viking dan tinggal di Fyrkat Viking Center dan membiarkan anda merasakan persis kehidupan pasukan Viking.

Copenhagen adalah ibukota dan kota terbesar di Denmark. Ia terletak di tengah-tengah pulau terbesar Zealand. Dianggap sebagai salah satu kota yang paling menentramkan, Copenhagen berisi beberapa istana dan tujuan-tujuan lain yang diminati turis. Kota-kota besar lain di Denmark adalah Aarhus, Odense, Aalborg dan Esbjerg.

Istana Amalienborg

Sebuah gabungan susunan dari empat istana yang serupa Amalienborg adalah salah satu dari daya tarik turis terpenting di ibukota Copenhagen. Didirikan tahun 1748, Istana Amalienborg dibangun demi untuk empat keluarga ningrat. Tetapi istana ini telah dibeli pada tahun 1794. Sejak itu banyak Raja dan Ratu menempati Istana tersebut dan saat ini adalah istana musim dingin bagi keluarga tinggi kerajaan Denmark. Empat istana ini dinamakan Istana Christian VII’s, Istana Christian VIII’s, Istana Fredrick Christian VIII’s, dan Istana Christian IX’s. Istana ini adalah rumah bagi Amaliehaven, salah satu taman terindah di seluruh penjuru kota. Dibuka pada tahun 1983, taman ini menyajikan patung-patung dan sumber-sumber air mancur

Copenhagen City Hall
Balaikota Copenhagen dengan menaranya yang paling berpengaruh adalah salah satu bangunan tertinggi di Copenhagen. Menara ini menjulang hingga ketinggian 106 m. Dibuka di tahun 1905, Balaikota Copenhagen memamerkan satu perpaduan antara gaya kebangkitan kembali Italia (Italian Renaissance) dan masa pertengahan arsitektur Denmark. Di atas jalan masuk utama terdapat patung emas Absalon, seorang pemuka pendeta Denmark dan tokoh masyarakat. Di dalam ruang balai utama terdapat patung-patung lain seperti Niels Bohr, Hans Christian Andersen, dan Martin Nyrop sang arsitek gedung balai tersebut. Daya tarik lainnya adalah Balai Jens Olsen’s City Hall.
Christiansborg Palace

Christiansborg Palace adalah satu dari banyak tujuan terpenting turis di Copenhagen. Ia adalah rumah bagi Sidang Peradilan Tinggi (Supreme Court), Kementrian Luar Negeri dan bagi Ruang Hadirin Ratu (Queen’s Audience Chamber). Seperti banyak istana lain, Christiansborg telah pula dibangun ulang beberapa kali; hingga menampakkan sifat jelas akan era-era Denmark yang berbeda. Istana yang sekarang ini telah diperbaharui dua kali, struktur utama bangunan telah dibangun di tahun 1928 dan utamanya dalam gaya Neo-baroque.

Kronborg Castle

Benteng Kronborg tidak hanya satu hal yang terpenting di Denmark tapi juga bagi segenap Eropa Utara. Kronborg adalah benteng kebangkitan kembali (Renaissance Castle) di Eropa utara. Dibangun pada awal-awal tahun 1420 oleh raja Denmark, benteng ini telah sering dibangun berulang kali; salah satunya saat setelah api besar membakar sebagian besar benteng. Christian IV berhasil merekonstruksinya kembali ke kejayaan sebelumnya, tetapi aura ruangan dalamnya tidak akan pernah terasa sama lagi. Ia terletak dekat kota Helsingor diujung pulau Zealand (Zealand Island).

Roskilde Cathedral

Gereja besar Roskilde masyhur sebagai gereja besar batu bata pertama di seantero Denmark utara. Terletak di kota Roskilde di pulau Zealand Denmark utara, gaya Gothic gereja dibangun di abad ke-12 dan ke-13. Struktur aslinya telah diperbaharui oleh kepala-kepala kerajaan yang berkuasa beberapa kali yang mereka menambah gagasan-gagasannya sendiri atasnya. Kebanyakan dari kepala kerajaan (monarki) Denmark sejak abad ke-15 telah dikubur di sini di gereja Roskilde. Gereja ini dikenal sebagai suatu tempat bersejarah (situs) warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1995 dan sebagai rumah dari kelompok penyanyi terbaik dari anak laki-laki di Denmark. Disebabkan oleh adanya kerucut lancip kembar di atas atap yang sangat besar, gereja ini menarik sekitar 125.000 pengunjung setiap tahunnya.

Fyrkat Viking Centre

Terletak di dekat kota Jelling, Fyrkat Viking Centre adalah tempat di mana anda dapat, secara tak sesungguhnya, melakukan perjalanan waktu kembali ke era Viking jika anda tidak lahir pada waktu dan tempat tersebut. Tidak hanya anda akan dapat pengetahuan lebih tentang kebudayaan dan gaya hidup Vikings, tetapi juga dapat menyukai kegiatan-kegiatannya seperti menempa besi, memanah, memasak di atas api terbuka dan bekerja membuat kain wol dan merajut. Anda juga dapat berpakaian pakaian sehari-hari ataupun pakain perang gaya Viking. Terdapat juga fasilitas untuk anak-anak sekolah dan turis yang mau tinggal beberapa hari. Berada hanya 1 km dari Fyrkat Viking Center ada benteng cincin Fyrkat (Fyrkat Ring Fortress). Satu dari empat benteng Viking yang dibangun sekitar tahun 980 masehi di Denmark adalah satu dari simbol pelesarian akan era Viking. Meski benteng yang sekarang ini adalah hasil rekonstruksi dari yang asli, ia tetap memberikan aura dan kekuatan yang sama.

Tivoli Garden
Meliputi luas sekitar 8 hektar (20 acre), taman Tivoli adalah taman hiburan dan taman yang menyenangkan. Berjalan sejak 1853 taman ini adalah taman hiburan kedua tertua di dunia. Merupakan sebuah tempat piknik yang digemari di antara tempat-tempat piknik lain sekitarnya, taman Tivoli senantiasa penuh dengan permainan-permainan karnaval dan kegiatan-kegiatan bekendaraan kendaraan hiburan beserta dengan penampilan-penampilan di atas panggung udara terbuka. Kendaraan hiburan yang paling disukai adalah jet koster (roller coaster) tahun 1914 dan berkendaraan kecil di perahu Viking pada masa yang sama. Terdapat pula ruang tari dan dansa, taman bir dan banyak tempat jajan makanan di taman. Sebagian rumah makan di sini di antara yang terbaik di kota ini untuk makanan masakan Perancis yang lezat dan minuman anggurnya
Rosenborg Palace
Digunakan sebagai tempat istirahat dan tinggal di musim panas oleh keluarga kerajaan Denmark, Istana Rosenborg dibangun oleh Christian IV anara tahun 1608 and 1634. Gaya Renaissance Belanda di mana istana dibangun di saat itu, adalah satu contoh dari bangunan-bangunan yang dibangun di era tersebut. Ia terbuka untuk umum sebagai suatu musim di tahun 1838 dan telah menampakkan kumpulan dan benda-benda peninggalan kerajaan dari Denmark antara abad ke-16 dan 19. Istana ini terletak tepat di tengah kota Copenhagen membuat turis-turis mudah mengunjungi istana Rosenborg yang indah.
Jelling Stones

Dikenal sebagai suatu daerah bersejarah (situs) warisan dunia oleh UNESCO di tahun 1994, Jelling Stones adalah salah satu daya tarik tertua di Denmark. Berada di kota Jelling, batu ini telah menjadi satu bagian dari sejarah Denmark sejak abad ke-10. Batu terukirkan dengan sajak-sajak Skandinavia yang lebih tua diangkat oleh raja pertama Denmark, raja Gorm sebagai pengenangan istrinya, sedang batu kedua yang lebih muda diangkat oleh anaknya sebagai pengenangan atas mereka sebagai perayaan penaklukan Denmark dan Norwegia.

Copenhagen Zoo

Didirikan pada tahun 1859, Kebun Binatang Copenhagen adalah di antara kebun binatang yang tertua di seluruh penjuru Eropa. Dengan bergulirnya waktu jumlah spesies yang diperlihatkan bertambah drastis sedang ruang luas dipersiapkan bagi setiap binatang. Satu daya tarik utama bagi pengunjung adalah binatang spesies Tasmanian Devil.

Copenhagen Zoo adalah satu-satunya tempat di luar Australia yang mempunyai Tasmanian Devil dalam pemeliharaan.
The Little Mermaid

Namanya mungkin mengatakan bahwa ini adalah ’Putri Duyung Kecil’ (The Little Mermaid) dari Copenhagen tetapi aura dari simbol nasional Denmark ini jelas saja tidak kecil yang ia gagal membuktikan peraihan perhatian untuk anda. Patung ini adalah sebuah karya mengagumkan dari Hans Christian Andersen di tahun 1837, tetapi penghargaan sesungguhnya sebab penyingkapannya untuk perhatian khalayak banyak tertuju kepada pendiri Pembuatan Bir Carlsberg (Carlsberg Breweries). Ia mempunyai tinggi kurang dari lima kaki dan sesungguhnya kelihatan lebih kecil dari yang anda harapkan. Penempuhan 10 menit  jalan kaki dari tempat naik-turun penumpang ke kapal penjelajah adalah yang terbaik untuk mencapai tempat ini dan untuk mengagumi kecantikan wanita Denmark yang sedang duduk nyaman di tepi pantai.

The Little Mermaid telah menjadi kisah dongeng simbolik untuk banyak orang. Sebagai hasilnya orang-orang dari seluruh dunia tetap suka untuk mengingat dan berbicara tentang tayangan Walt Disney "Little Mermaid" Ariel yang banyak berdasarkan atasnya. Tentu saja ini adalah suatu kenikmatan turis dan zaman demi zaman telah berlalu yang selama waktu itu sangat banyak pelancong datang dari berbagai belahan dunia untuk melihat wanita ini, paling sedikit sekali dan menjadi iba dengannya setelah mengetahui dera badai kehidupan dan delapan kali serangan  pengerusakan. Maka datanglah kemari habiskan waktu sehari untuk melihat patung perunggu berusia 92 tahun ini sebelum dipindahkan ke tempat lain oleh pemerintah, dan belilah cenderamata dan kaos t-shirts untuk menjaga kenangan-kenangan.